oleh

Kades Karleko Didemo Warganya

SKI, Lotim – Puluhan  warga Desa Karleko melakukan aksi ke kantor Desa Karleko,Rabu (23|1). Dengan menuntut dan meminta pertanggungjawaban Kades Karleko, Wildan atas berbagai persoalan yang terjadi di Desa Karleko.

Seperti halnya mengenai masalah dugaan penyelewengan dana desa, pemberhentian Kadus tanpa alasan,termasuk juga independensi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) patut dipertanyakan.

Aksi yang dilakukan warga tersebut mendapatkan pengawalan ketat dari aparat kepolisian,meski pada aksi nyaris terlibat adu jotos diantara pendukung,akan tapi untuk diamankan aparat kepolisian guna mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

” Kami datang ke kantor desa ini untuk menyampaikan aspirasi kepada Kades terhadap berbagai persoalan yang terjadi di desa dibawah kepemimpinan Kades saat ini,” teriak orator aksi dalam orasinya.

Para masa aksi juga menuding Kades tidak ada transparansi kepada masyarakat tentang penggunaan anggaran desa. Karena sampai saat ini kami tidak mengetahui berapa jumlah dana desa yang dikelola pemerintah desa.

Apalagi rencana pembangunan desa juga tidak pernah kami diberikan sosialisasi oleh pemerintah desa. ” Yang jelas kami minta pertanggungjawabkan Kades dalam masalah ini,” kata Azharudin dalam orasinya.

“Kami juga mempersoalkan masalah pemecatan kadus yang dilakukan Kades kenapa kadus dan perangkat desa dipecat tanpa alasan kemudian mengangkat PLT,sehingga ini memunculkan konflik,” tandasnya.

Sementara massa meminta kepada Kades Karleko untuk keluar dari kantor Desa menemui massa,akan tapi Kades tidak berada di kantor Desa.Sehingga inilah yang membuat kecewa massa aksi.

Kemudian setelah massa aksi menyampaikan orasi dan tuntutannya diterima Camat Labuhan Haji, Rusno bersama dengan muspika kecamatan Labuhan Haji. Lalu setelah itu Camat Labuhan Haji langsung menemui massa aksi dengan menegaskan kalau permasalahan ini akan diselesaikan di kantor Camat Labuhan Haji.

Dengan akan memanggil Kades dan masyarakat nantinya,agar semua permasalahan menjadi jelas. Sedangkan saat ini Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lotim yang akan hadir,namun berhubung sedang diluar daerah.

” Apa yang menjadi tuntutan warga sudah kami catat dan akan kami undang dalam pertemuan nantinya di kantor Camat untuk menyelesaikan masalah ini,” kata Rusno.

Setelah Camat Labuhan Haji menyampaikan kepada massa aksi,kemudian massa aksi melakukan Penandatangan petisi masyarakat desa Karleko berikan sangsi kepada kepala Desa Karleko, Wildan berupa tindakan pemberhentian sementara oleh Bupati Lotim.

Untuk kemudian membubarkan diri dengan tertib, dengan berjanji akan melakukan aksi lebih besar lagi kalau apa yang menjadi tuntutan massa aksi tidak direspon.

Penulis : Rizal

Editor    : Red SKI

Komentar

News Feed