oleh

Kasrem 071/Wk Pimpin Rakor Kunjungan Tim Wasrik Itjenad

SKI, Banyumas – Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Heri Sumitro, S.Pd., pimpin rapat koordinasi dalam rangka kesiapan kunjungan Tim Wasrik Post Audit Itjenad, Kamis (14/2/19) di Aula Soedirman Makorem 071/Wijayakusuma Sokaraja Banyumas.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri para Kasirem 071/Wk, para Dan/Ka Balak Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wk, dan para Kabalakrem 071/Wk.

Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Heri Sumitro, S.Pd., pada kesempatan tersebut menyampaikan, rapat koordinasi yang dilaksanakan guna menyambut kedatangan Tim Wasrik Post Audit Itjenad di Makorem 071/Wk dan guna menyiapkan serta menyinkronkan administrasi yang berkaitan dengan post audit nantinya. “Kehadiran Tim Wasrik Itjenad merupakan salah satu upaya untuk membantu pimpinan satuan dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi yang telah dijalankan, sekaligus sebagai tolok ukur tertib administrasi Progja TA. 2018 yang akan menjadi pedoman pada pelaksanaan Progja TA. 2019. Karenanya, kita selaku unsur pelaksana membantu pimpinan, harus dapat menyinkronkan dan menyiapkan administrasi yang berkaitan dengan post audit khususnya pertanggungjawaban keuangan yang ada baik Makorem sendiri maupun Balak jajaran Korem 071/Wk”, ungkapnya.

“Pengawasan dan pemeriksaan nantinya adalah guna memeriksa administrasi pertanggungjawaban keuangan dalam rangka tertib administrasi, sehingga bila pada Current Audit 2019 nanti masih ditemukan kesalahan yang sama, maka mengindikasikan SPI (Sistem Pengendalian Intern) belum dilaksanakan secara optimal. Dan itu akan menghambat sasaran meraih prestasi penilaian Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI”, ujarnya.

“Mengingat pentingnya kegiatan Wasrik ini, kepada para Kasirem, para Dan/Kabalak serta para Kabalakrem, saya minta agar membantu kelancaran Tim Wasrik, sesuai dengan obyek dan sasaran yang akan diperiksa. Berikan data-data yang benar, transparan dan akuntabel, sehingga kita dapat mengetahui apabila ada hal-hal yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan pelaksanaan tugas dimasa mendatang,” pinta Kasrem.

“Fokus kegiatan post audit ini adalah pengawasan terhadap pelaksanaan program kerja dan anggaran Ta. 2018 yang memiliki faktor risiko tertinggi dan berpengaruh terhadap opini BPK RI atas laporan keuangan Kemhan dan TNI khususnya di lingkungan TNI Angkatan Darat,” tegasnya.

Diharapkan dengan post audit nantinya, mampu meminimalisir temuan terhadap laporan keuangan Kemhan dan TNI TA. 2018 khususnya pada U.O TNI AD. “Apabila nantinya masih ditemukan hal-hal yang belum sesuai dengan aturan/ketentuan yang berlaku, kepada seluruh entitas untuk bergerak cepat melaksanakan perbaikan sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh para parik post audit,” imbuhnya.

Kegiatan Wasrik Post Audit yang direncanakan akan berlangsung pada tanggal 18 Ferbuari 2019 mendatang. (Red SKI)

Komentar

News Feed