oleh

LSM Barak Aksi Unjuk Rasa di PT Guna Sena Sejahtera Sukaraja

SKI Bogor –  Aksi unjuk rasa terjadi di PT. Guna Sena Sejahtera, Desa Pasir Jambu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, pada Kamis (6/04//2023 ).

Ratusan massa yang tergabung dalam LSM Barak Bogor Raya Indonesia menuntut kepada manajemen PT. Guna Sena Sejahtera mengenai limbah Scarf perusahaan agar dapat dikelola oleh Putra Daerah.

Aksi Demonstrasi dilakukan sekitar pukul 13.30 WIB. Massa yang datang kurang Lebih 300 Orang, dengan berkonvoi kendaraan dan di iringi alunan musik dan gendang saat tiba di Depan Pintu Gerbang PT.Guna Sena Sejahtera itu, massa langsung melakukan orasi.

Aksi tersebut di jaga ketat dari jajaran Polsek serta polres Bogor juga di bantu oleh beberapa aparat dari Kodim.

Pimpinan massa, Sekaligus Ketua Mada LSM Barak Bogor Raya Indonesia Reno Guandi mengatakan, “LSM Barak meminta kejelasan kepada perusahaan mengenai Undang – Undang pasal 65 tentang Desa, yang berisi tentang Kepala Desa berhak menggali potensi di wilayah nya masing – masing. menilai pihak perusahaan berpihak dan mengatakan PT.Guna Sena Sejahtera sebagai perusahaan daerah tidak memiliki aspek legalitas yang sesuai dengan keinginan perusahaan, maka dari itu perusahaan harus mengikuti aturan dari Kepala Desa”, Tegasnya.

“LSM Barak Bogor Raya Indonesia menutut pihak perusahaan agar mentaati dan melaksanakan peraturan yang di keluarkan oleh Desa mengacu pada Undang – Undang Desa no.6 tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah no 72 tahun 2005 tentang Desa.

Jika perusahan tidak mematuhi dan mentaati tuntutan tersebut, maka kami mendesak pihak Desa mencabut Izin Domisili perusahaan Guna Sena Sejahtera atau di sebut juga GSS, karena adanya perusahaan tersebut tidak mentaati Undang – Undang dan tidak menjadi manfaat bagi wilayah Desa setempat”, ungkap Reno Guandi.

Menurut Humas PT. GSS Andrean di temui awak media setelah melakukan mediasi dengan perwakilan LSM Barak Bogor Raya untuk kerjasama pengelolaan limbah Scrap kepada perusahaan serta kita dapat bersinergi dengan LSM Barak, dan meminta melakukan kajian ulang bersama-sama LSM Barak Bogor Raya Indonesia kepada PT. Guna Sena Sejahtera agar lebih fair”, ujarnya.

“Dan untuk ke depannya juga kita kerja sama bukan dalam satu bidang kita bisa kolaborasi atau sinergi dalam berbagai bidang dengan LSM Barak, Aksi hari ini kita sudah menemui titik temu dengan LSM barak inti nya kita bersinergi dengan Mereka”, ujarnya (red)