Mentan RI Didampingi Wakil Bupati Lotim Panen Cabe

SKI | LOTIM – Warga kelurahan Kelayu Jorong beserta wakil Bupati Lombok Timur H Rumaksi SJ menyambut kedatangan Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo beserta rombongan ke Lotim untuk melakuan gerakan tanam dan panen cabe, Kamis (14/9).

Kedatangan Mentan ini, dapat membawa keberkahan bagi masyarakat Lombok Timur, secara umum, dan petani khususnya.

Untuk menandai panen cabe dimulai, Wabup H Rumaksi bersama Menteri serta warga memetik cabai bersama di kelurahan Kelayu Jorong.

Usai melakukan panen, Mentan bersama rombongan bertolak ke desa Kerongkong sebagai lokasi tempat lahan tanam secara simbolis.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Linpo dalam sambutannya, dirinya memuji para petani serta kesuburan tanahnya.termasuk panoramanya yang dinilai sangat bagus, karena banyak dilihat beragamnya komoditas, tidak hanya cabai, dapat tumbuh dengan baik.

Sehingga Mentan meminta masyarakat tetap mempertahankan dan melestarikan alam.

“Melihat kondisi alam yang dimiliki, akan banyak lapangan pekerjaan tersedia, khususnya di sektor pertanian,” ucapnya

Karena sektor pertanian salah satu kekuatan bangsa, jago pertanian, kokoh bangsa Indonesia, termasuk di Lotim,

Berkat pertanian pula, ia menyebut selama tiga tahun terakhir inflasi Indonesia terendah di dunia, sebab pertanian tetap terjaga, termasuk sepanjang pandemic covid-19.

Ia bahkan menyebut petani sebagai pahlawan “Petani tidak pernah takut dengan covid-19, jadi petani itu adalah pahlawan bangsa,” ujarnya bangga. Seraya menyampaikan terima kasih yang tulus kepada para petani.

Mentan juga mencatat potensi Lombok Timur dengan luas tanam 28 ribu hektar, dan musim tanam 2-3 dalam setahun, menghasilkan 300 ribu ton gabah setara 180 ribu ton beras. Kondisi ini patut disyukuri sebab masyarakat tidak perlu khawatir soal pangan. Terlebih didukung kekompakan dan sinergi semua pihak.

Ia pun berharap masyarakat dapat memanfaatkan potensi yang ada, termasuk hasil produksi pertanian guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan.

Selain melakukan panen, Mentan bersama sejumlah undangan juga melakukan penanaman bibit cabai. Kegiatan tersebut dihadiri pula Pemerintah provinsi NTB, Forkopimda, Kadis Pertanian, Camat Selong, Lurah, dan tokoh masyarakat setempat.
Mentan dan rombongan juga menyimak pemaparan kelompok tani terkait analisis usaha pertanian cabai oleh petani, serta meninjau stand pameran hasil pertanian. (Riki).