Pangkalan TNI AL Palembang Gelar Gerakan Nasional Laut Bersih Sebagai Rangkaian Dalam Peringatan HUT TNI AL ke 77 Tahun 2022

SKI, Palembang,- Pangkalan TNI angkatan laut Palembang melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Laut Bersih dalam rangka peringatan HUT TNI AL ke 77 Tahun 2022 dengan mengusung Tema “Membangun Kejayaan Maritim Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” yang dilaksanakan serentak di seluruh jajaran TNI AL dan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, Rabu (7/09/2022).

Lanal Palembang sendiri dalam pelaksanaan Kegiatan Gerakan Nasional Laut Bersih ini melaksanakan di dua titik lokasi yaitu Binpotmar 1 Ilir dan Pulau Kemarau yang dalam pelaksanaanya menggunakan sarana pendukung yakni, 4 unit Speed 40 PK, 5 Unit truk angkut sampah milik Dinas Kebersihan Kota Palembang dan 10 unit perahu tradisional milik masyarakat sekitar.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan bahwa pada pidato pelantikan presiden 2014 presiden Joko Widodo telah mengingatkan bahwa kita harus bekerja dengan sekeras-kerasnya untuk mengembalikan Indonesia sebagai negara maritim, samudra, laut, selat dan teluk adalah masa depan kita yang telah lama menunggu lautan ini dan saatnya kita mengembalikan semuanya sehingga jelas visi dan cita-cita tersebut harus kita bangun bersama bangsa Indonesia.

Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, S.E., M.Tr. Hanla., didampingi Paspotmar Lanal Palembang Mayor Laut (K/W) Dewi Tresnawati, menjelaskan bahwa kegiatan Laut Bersih ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian TNI AL khususnya Lanal Palembang dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta untuk menggugah masyarakat yang tinggal dibantaran sungai Musi dapat lebih menyadari pentingnya menjaga kebersihan dan agar dapat menghilangkan kebiasaan membuang sampah sembarangan disamping bertujuan membentuk sinergitas yang baik antara TNI-Polri dan masyarakat dan memastikan program ini (Prolasih) tidak berhenti hanya setahun sekali namun berkelanjutan.

Ratusan orang dari berbagai komponen turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut antara lain personil Korem 044/Gapo, Personil Lanud SMH II Palembang, Personil Polsek Lemabang, Personil Polsek KP3 Boom Baru, Perwakilan Basarnas Kota Palembang, Perwakilan KPLP Kota Palembang, Perwakilan Dinas Kebersihan Kota Pelembang, Perwakilan PT. Pusri Palembang, Masyarakat pesisir dan warga Kecamatan Ilir Timur 2, Perwakilan Saka Bahari kota Palembang dan Kwarda Sumsel Peduli.

Hadir dalam kegiatan ini, Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, S.E., M. Tr. Hanla., Ketua Jalasenastri Ibu Ketua Jalasenastri Korcab III Cabang 5 DJA I Ibu Ria Widyo Sasongko, para Perwira Staf Lanal Palembang, Danramil 418-05, Kapolsek Lemabang, Kepala KSOP, Kepala Basarnas Provinsi Sumsel diwakili Kepala Urusan Umum, Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota diwakili Kepala UPTD Kota Palembang, Kadis PUPR diwakili Sekdis PUPR Kota Palembang, Camat Ilir Timur II, Lurah 2 Ilir.

(Pen Lanal Palembang)