oleh

Parah, Ratusan Kartu Berserakan Ditempat Sampah

Ratusan Kartu KIS,KIP,Jamkesmas,BPJS,KTP dan Kartu Pemilih Ditemukan Terbuang Ditempat Sampah di Lotim

SKI, LOTIM – Ratusan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pinter (KIP), Jamkesmas, BPJS, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu pemilih ditemukan terbuang di tempat pembuangan sampah dekat jembatan Pringgebaya oleh warga setempat,Sabtu (2|3).‎

Sementara ratusan kartu penting itu langsung dibawa ke rumah Ketua LKMD Desa Pringgebaya, Judan Putrabaya untuk diamankan sebelum diserahkan ke Polsek Pringgebaya guna proses penyelidikan lebih lanjut.

Ketua LKMD Pringgebaya,Judan Putrabaya saat dikonfirmasi Senin malam (4|3) membenarkan kalau warganya berhasil menemukan ratusan kartu penting milik warga yang dibuang di tempat pembuangan sampah, untuk kemudian melaporkannya kepada dirinya terhadap penemuan itu langsung diamankan dirumahnya.

“Memang saya mendapatkan laporan dari warga mengenai penemuan kartu penting milik warga yang masih aktif tersebut di tempat pembuangan sampah dekat jembatan,” tutur Judan.

Ia menjelaskan kemudian setelah dilakukan penemuan tersebut, lalu dirinya bersama warga menghitung dan melihat dengan seksama kartu yang ditemukan tersebut.

Salah satunya ditemukan kartu pemilih nama salah seorang kader posyandu dengan inisial BS,warga Puncansari,Desa Pringgebaya.Apalagi sebelum terbongkar ‎ pristiwa ini banyak yang curiga,karena banyak tidak dapat akses bantuan sosial seperti PKH,KIP,KIS maupun lainnya.

Begitu juga setelah dilakukan pemberhentian terhadap tiga kader posyandu,setelah kadus yang evaluasi.Termasuk didalamnya salah satu kader tersebut.

Setelah dilakukan penghitungan ada namanya dalam KIP yang ditemukan itu sabanyak 40,KIS sebanyak 450 yang masih aktif,namun tidak dibagikan oleh oknum kader posyandu yang diberhentikan tersebut.

” Kemudian dirinya bersama anggota Polsek Pringgebaya datang ke rumah oknum kader itu, ditemukan lagi ada KTP elektronik dan BPJS,”ujarnya.

Lebih lanjut Judan yang juga Ketua Lembaga Perlindungan Anak Lotim,dengan ditemukan adanya bukti-bukti yang menguatkan mengenai siapa oknum yang diduga melakukan pembuangan kartu penting milik warga tersebut.

Akhirnya dirinya bersama warga melaporkan kasus itu ke Polsek Pringgebaya,untuk dilakukan proses hukum dan pengembangan penyelidikan terhadap kasus tersebut.

Begitu juga pihaknya menduga kalau yang melakukan pembuatan tersebut oknum kader yang dipecat tersebut.Karena tidak terima dipecat,sehingga kemudian melakukan tindakan tidak terpuji terpuji tersebut.‎‎

“Kasusnya sudah ditangani pihak kepolisian mengenai masalah penemuan ratusan data penting tersebut,karena pihaknya sudah melaporkan,bahkan informasi yang bersangkutan telah ditetapkan sebagai tersangka,”tandasnya.

Sementara Kapolsek Pringgebaya,AKP Sari Mukmin sampai berita ini diturunkan belum bisa dikonfirmasi.

Penulis : Rizal

Editor    : Red SKI

Komentar

News Feed