oleh

Pembentukan KLS Menunggu Takdir

Foto : Rapat koordinasi dalam rangka pemekaran Lotim yang dipimpin Sekda Lotim, H.Rahman Farly

SKI – Lotim – Pembentukan Kabupaten Lombok Timur Selatan tinggal menunggu takdir saja. Kalau semua usaha keras dan persyaratan yang ada telah dilengkapi semuanya untuk dibahas di tingkat pusat sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan perundangan-undangan yang ada.

Demikian ditegaskan Sekda Lotim,H.Rahman Farly dalam arahannya pada kegiatan rapat koordinasi dalam rangka pemekaran kabupaten Lotim di lantai dua kantor Bupati Lotim,Rabu (19|12). 

” Kalau semua syarat sudah kita jalankan dan penuhi dalam mewujudkan pembentukan KLS,maka tinggal menunggu takdir saja,” tegasnya.

Ia menjelaskan sebelumnya pembahasan mengenai masalah pembentukan KLS sudah hampir terwujud,apalagi pembahasannya sudah sampai pada prolegnas. Namun kemudian pemerintah pusat melakukan memoraturium terhadap pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).

Dengan melakukan pemberhentian sementara mengenai masalah pembentukan DOB yang baru sampai saat ini. Namun pada satu sisi keinginan pemekaran wilayah tentunya berdasarkan aspirasi masyarakat yang harus ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah.

” Pembentukan KLS hampir terbentuk,akan tapi terjadi memoraturium sehingga menjadi tertunda,” ujarnya.

Lebih lanjut Sekda menambahkan pemekaran Lotim menjadi KLS merupakan aspirasi masyarakat yang harus diperjuangkan. Karena harapan masyarakat selatan agar KLS cepat terbentuk.

” Pemekaran wilayah akan berdampak pada aspek pelayanan semakin hari meningkat sehingga masyarakat merasakan manfaatnya dari pemekaran itu,”tandasnya.

Sementara ditempat yang sama Ketua Komite Pemekaran Lotim, H.Ismail Husni mengakui kalau sebelumnya perjuangan pembentukan KLS memang hampir final.Akan tapi kemudian terjadi kegaduhan di DPR yang menyebabkan adanya memoraturium dalam pembentukan daerah otonomi baru.‎

” Kita akan kembali perjuangan pemekaran KLS ini untuk bisa terwujud sabagaimana yang diinginkan masyarakat selatan,” tegas Ismail Husni.

Hal yang sama dikatakan penanggungjawab komite pemekaran Lotim,HL.Mesir Suryadi meminta kepada komite untuk mempersiapkan semuanya mengenai masalah bahan-bahan atau dokumen yang dibutuhkan dalam pengusulan pembentukan DOB.

Untuk dibawa ke pusat secara berjenjang,karena kalau menggunakan data sementara tentunya sudah banyak perubahan didalamnya.Sehingga harus valid datanya untuk dibawa ke pusat,agar dalam prolegnas nantinya tidak menjadi persoalan.

” Data harus lengkap disiapkan untuk memperjuangkan pembentukan KLS,” tegas Mesir Suryadi.‎Rizal

Penulis : Rizal

Editor    : Red SKI

Komentar

News Feed