Pemda Lotim Siap Sukseskan Festival Kecimol

SKI | Lotim – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur berkomitmen mendukung berbagai event yang diinisiasi oleh kelompok masyarakat termasuk festival kecimol yang akan digelar Asosiasi Kecimol NTB di Lapangan Tugu Selong pada 25 Januari 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur Iswan Rahmadi menegaskan komitmen pemda dalam mendukung berbagai kegiatan yang datang dari masyarakat termasuk festival Kecimol yang diinisiasi Asosiasi Kecimol NTB.

Dikatakan Iswan, keterlibatan pemerintah dalam setiap kegiatan masyarakat sangat penting sebagai bentuk pembinaan dan menjaga keberlanjutan kegiatan yang diinisiasi masyarakat.

“Konteksnya dalam penyelenggaraan kegiatan ini, saya kira kita sangat proporsional, “ucapnya.

“Karna kalau kita lihat dari rencana anggaran kegiatan itu dari AK NTB nilainya 210 juta. Kalau kita ukur dengan uang, kita hanya membantu 10 sampai 15 persen, itu dalam bentuk perlengkapan yang dibutuhkan”, sambungnya.

Festival ini, paparnya, sangat penting untuk mendukung perkembangan kesenian dan ekonomi kreatif di Lombok Timur. Lebih lagi, paparnya, jumlah kelompok Kecimol itu banyak.

Di Lombok Timur jumlahnya 130 kelompok atau grup. Setiap grup memiliki 40 orang anggota. jika mereka pasangan suami istri dan rata rata punya satu anak maka jumlahnya 120 orang. Kalkulasinya, 40 kali 3 kali 120, maka dampaknya bisa dirasakan oleh 15.600 orang. Itu secara hitungan ekonomi.

“Ini baru sebagian dari dampak Festival ini. Karna itu Festival ini berdampak ekonomi sehingga memberikan manfaat seluasnya ke masyarakat, ” harapnya.

Karna itu, tegasnya, penting keterlibatan pemerintah untuk mendukung even ini secara proporsional untuk melakukan pembinaan. Lebih lagi, kesenian kecimol kerap dipandang negatifnegatif karna atraksi atau penampilan yang disuguhkan sering tidak sesuai dengan adat ketimuran.

“Karna itu AK NTB ini hadir, sudah ada awig awignya. Diantaranya diatur dilarang konsumsi miras dan berpakaian tidak pantas serta setelah pentas harus tertib, “jelasnya.

Jika awig awig ini dilanggar, lanjut Iswan, informasi dari pengurus AK NTB sanksinya sangat tegas mulai darin teguran sampai dikeluarkan dari asosiasi.

Karna itu, dia meyakini festival Kecimol yang ikuti 100 kelompok Kecimol ini bisa memberikan atraksi atau penampilan terbaik tanpa mengabaikan nilai dan adat ketimuran yang dimiliki masyarakat. (Riki).