Puskesmas di Lotim  Terendam Banjir

SKI l Lombok Timur-Puskesmas Rensing yang terletak di wilayah Kecamatan Sakra Barat terendam banjir, Senin sore (13|12). Akibatnya sejumlah ruang rawan inap pasien terkena banjir, sehingga membuat petugas puskesmas,pasien dan keluarga pasien menjadi panik.

Dugaan sementara penyebab banjir tersebut,karena letak puskesmas lebih rendah dengan drainase yang ada,termasuk juga tingginya curah hujan,sehingga menyebabkan airnya masuk dan menggenangi halaman serta ruangan di Puskesmas Rensing tersebut.

Sementara itu sampai berita ini diturunkan petugas puskesmas sedang berusaha untuk membersihkan air yang menggenangi puskesmas, dengan menggunakan pompa penyedot air.

Kepala Puskesmas Rensing, Marhamah saat dikonfirmasi membenarkan kalau puskesmas Rensing tergenang air akibat curah hujan yang tinggi dan letak puskesmas dengan drainase yang ada di jauh lebih rendah.

Maka akibatnya air besar datang sehingga masuk ke halaman dan sejumlah ruangan rawat inap di Puskesmas tersebut.‎

” Betul ada air masuk menggenangi sejumlah ruangan di Puskesmas akibat curah hujan yang tinggi,sehingga luapan air drainase masuk ke Puskesmas,” ujarnya.

Menurutnya,saat ini pihaknya sedang melakukan upaya penyedotan air dengan menggunakan pompa air,apalagi pihaknya sudah memprediksi akan mengalami seperti ini sehingga menyiapkan pompa air.

” Kita sudah siapkan pompa untuk menyedot air yang masuk ke Puskesmas,”ujarnya.

Hal yang sama dikatakan Kepala Dikes Lotim,H.Pathurrahman membenarkan adanya kasus kebanjiran yang menggenangi Puskesmas Rensing,akibat curah hujan yang tinggi.

” Alhamdulillah banjir di Puskesmas Rensing sudah bisa diatasi dengan baik,” tandasnya.(Sam).