Ratusan KPM di Desa Gelora Lotim Tak Tahu Nomor PIN ATM-nya

SKI l Lombok Timur-Ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima bantuan sosial dari pusat di Desa Gelora,Kecamatan Sikur tidak mengetahui PIN ATM-nya. Baik itu dalam bantuan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Hal tersebut terungkap sebagaimana pengakuan para KPM asal Desa Gelora mendatangi kantor BRI Cabang Selong untuk mengecek bantuan PKH dan BPNT yang saldonya nol.

” Terus terang kami tidak mengetahui PIN ATM untuk mencairkan PKH dan BPNT,karena yang mengetahui hanya agent dan pendamping serta TKSK,” katanya dengan polos dihadapan petugas BRI Selong.

Menurutnya, pada saat pencairan sebelum ada persoalan saldo nol itu, kami dikumpulkan di satu tempat,lalu datang agent bersama pendamping dan kader untuk menggeseknya ATM tersebut.

Tanpa memberitahukan kepada kami nomor PIN ATM tersebut, karena itu seharusnya kami terima tapi tidak diberikan.

” Yang tahu nomor PIN adalah agent,kader dan pendamping,” ujarnya para KPM asal desa Gelora.

Sementara itu hasil pengecekan di bank BRI kalau saldo untuk PKH nol,sedangkan untuk program BPNT tidak bisa dilakukan pengecekan karena PIN-nya tidak diketahui oleh KPM yang mendapatkan bantuan.

” Harusnya PIN ATM-nya dipegang sendiri oleh KPM bukan pendamping maupun agent yang memegang, makanya tidak bisa kita cekkan,karena takut terblokir,” kata petugas BRI Selong,Yodinata Asmara dan Satpam BRI, Sulaiman saat memberikan penjelasan.

Kedatangan para KPM yang saldonya nol tersebut tidak saja berasal dari Desa Gelora,Kecamatan Sikur akan tetapi dari wilayah Ketapang Raya, Kecamatan Keruak juga datang. Dengan didampingi Forum BPD Lotim.

” Kami datang ke membawa para KPM yang saldonya nol ini agar segera selesai, apalagi tahun 2021 ini agar segera berakhir dan jangan sampai tidak bisa dicairkan kan kasihan,”kata Sekretaris Forum BPD Lotim, Dedy yang juga Ketua BPD Desa Masbagik Utara Baru.

Hal yang sama dikatakan Ketua BPD Gelora,M.Yunus mengatakan apa yang dikatakan para KPM itu memang itu kenyataannya tidak pernah mengetahui PIN ATM-nya,karena yang mengetahui hanya agent dan pendampingnya saja.

” Dari pengakuan agent nomor PIN-nya ada dinomor yang tertera di kartu milik KPM tengah-tengah,” kata Yunus.

Kepala Desa Gelora, Nurasmad saat dikonfirmasi berkali melalui saluran telponnya tidak ada yang mengangkat meski terhubung.

Kemudian Kepala Dinas Sosial Lotim, Mahsin saat ditemui dikantornya tidak berada ditempat,begitu juga saat ditelpon tidak ada yang mengangkat.(Sam).