Sambut HUT Ke-77 TNI AL, Lanal Sabang Laksanakan Bhakti Kesehatan Di KAL Iboih

SKI | Sabang,- Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 TNI Angkatan Laut Tahun 2022, Pangkalan TNI Angkatan Laut Sabang menggelar Bhakti Kesehatan berupa Khitanan Massal dan Donor Darah di KAL Iboih I-1-71 yang bersandar di Dermaga Lanal Sabang serta Pembersihan Plak dan Karang Gigi di Rumkital J. Lilipory Sabang, Selasa (06/09/2022).

Pelaksanaan kegiatan Bhakti Kesehatan dilaksanakan secara serentak diseluruh Kotama TNI Angkatan Laut se-Indonesia dan disaksikan secara langsung melalui Vodeo Conference oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang on board di KRI Semarang-594 di Perairan Untung Jawa Kepualuan Seribu.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Staf TNI AL menyapa seluruh prajuritnya yang menyelenggarakan Bhakti Kesehatan secara virtual dan menyampaikan pesan agar masing-masing satuan penyelenggara Bhakti Kesehatan dapat bekerja dengan maksimal dan melayani masyarakat dengan sepenuh hati serta memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan pasien atau masyarakat.

Sementara itu, Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ali setiandy, M.Tr. (Han)., M.M., menyampaikan bahwa kegiatan Bakti kesehatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian HUT TNI Angkatan Laut ke-77 Tahun 2022 yang merupakan sebuah penghayatan akan perjalanan panjang dari sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut pada bangsa dan negara. Tema yang diusung pada HUT tahun ini adalah “TNI AL Profesional, Modern dan Tangguh Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

“Pada pelaksanaan kegiatan Bhakti Kesehatan HUT TNI AL ke-77 ini, Lanal Sabang berhasil memenuhi target yakni Khitan sebanyak 20 orang, Donor Darah 70 orang, serta Pembersihan Plak dan Karang Gigi 105 orang”, ujar Danlanal Sabang.

Lebih lanjut disampaikan bahwa selain Bhakti kesehatan, Lanal Sabang juga akan melaksanakan berbagai kegiatan lainnya yakni Program Laut Bersih, Ziarah, Program Ketahanan Pangan, Nobar (Nonton Bareng) Tayangan Perdana Film Bintang Samudera, Water Trapen, Fun Run 7,7 Kilometer, dan Acara Puncak HUT TNI Angkatan Laut akan diselenggarakan pada tanggal 12 September 2022.

Perlu diketahui bahwa Bhakti Kesehatan yang dilaksanakan hari ini secara serentak diseluruh Jajaran TNI Angkatan Laut merupakan Perintah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono agar kapal perang yang sandar di pelabuhan dan juga KAL yang dimiliki Lanal dan Lantamal dikerahkan sebagai lokasi pelaksanaan Bhakti Kesehatan, sekaligus upaya memencahkan Rekor MURI dengan kategori kegiatan donor darah diatas kapal perang maupun KAL dan khitanan diatas kapal perang, pembersihan plak dan karang gigi dengan jumlah dan lokasi terbanyak.

Hadir dalam kegiatan, Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ali Setiandy, M.Tr (Han)., M.M., Kafasharkan Sabang Kolonel Laut (T) Teguh Sukrisno, S.T., M.M., Dandim 0112/Sabang diwakili Danramil 02/Sukakarya Sabang Mayor Inf Tatang, Kapolres Sabang AKBP Muhammadun, S.H., Danlanud MUS diwakili Kadislog Kapten Kal Hendrik Suprabowo, Dansatrad 233 Sabang diwakili Kaurdal Letda Lek Reza, Danlanudal Sabang diwakili Palaksa Mayor Laut (T) Agus Zulianto, Perwira Staf Lanal Sabang, Pengurus Jalasenastri Cabang 3 Korcab I DJA I Lanal Sabang, Ketua PMI Kota Sabang diwakili dr. Saripah Nur, Kabid Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Sabang, Faisal, S.T., M.TP., Ketua BFLF Sabang Citra, S.H., Ketua KBPPAL Ibu Purnawati, Kepala Kantor Bandara Maimun Saleh Sabang Yan Budianto, Masyarakat Kota Sabang dan Perserta Khitanan, Donor Darah dan Pembersihan Plak dan Karang Gigi, Babinpotmar Lanal Sabang.

(Pen Lanal Sabang)