Sambut HUT Ke-77 TNI AL, Lantamal I Gelar Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022 Secara Serentak

SKI, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo ikut serta menghadiri acara Program Laut Bersih (Prolasih), bertempat di Pantai Ocean Park atau Olo Gabion sebuah kawasan pantai atau pesisir di Belawan Sumatera Utara, jadi target karya bhakti TNI Angkatan Laut yang bertajuk Program Gerakan Nasional Laut Bersih (Prolasih) dalam rangka HUT TNI AL Ke-77 Tahun 2022, sebuah program TNI AL yang telah direncanakan secara serentak. Ratusan peserta dari berbagai instansi dan komponen masyarakat serta pelajar dan nelayan berbaur melaksanakan aksi bersih-bersih pantai sekitar kawasan pantai Olo Gabion Belawan, Medan, Sumatera Utara, Rabu (07/09/2022).

Kegiatan dilaksanakan pada tiga titik diantaranya Dermaga Bandar Deli, KPLP dan Pantai Olo, kegiatan tersebut mengusung tema “Membangun Kejayaan Maritim Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” Laut Bersih Rakyat Sejahtera.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan bahwa pada pidato pelantikan presiden 2014 presiden Joko Widodo telah mengingatkan bahwa kita harus bekerja dengan sekeras-kerasnya untuk mengembalikan Indonesia sebagai negara maritim, samudra, laut, selat dan teluk adalah masa depan kita yang telah lama menunggu lautan ini dan saatnya kita mengembalikan semuanya sehingga jelas visi dan cita-cita tersebut harus kita bangun bersama bangsa Indonesia.

Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo didampingi oleh pejabat terkait, memimpin langsung aksi tersebut. Sekitar 740 lebih peserta berpartisipasi dalam kegiatan yang bertujuan menciptakan kawasan maritim yang bersih, hijau, dan indah ini.

Dalam sambutannya, Danlantamal I memastikan program ini (Prolasih) tidak berhenti hanya setahun sekali namun berkelanjutan. Selanjutnya atas nama seluruh prajurit Lantamal I dan juga mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., karena ini adalah perintah langsung dari Kasal untuk melaksanakan tugas-tugas kebersamaan dengan wilayah, saya mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada semua pihak dan segenap instansi serta kesatuan yang telah mendukung. Kegiatan ini merupakan bagian upaya kita menumbuhkan kesadaran semua pihak, supaya terus membersihkan pantai kita agar bebas dari polusi plastik dan polutan lain. Semoga kegiatan ini bisa menjadikan pesisir pantai Olo Gabion dan sekitarnya sebagai pantai yang bersih, sehat dan indah,” pungkas Danlantamal I.

Turut hadir mendampingi Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo dalam kegiatan tersebut antara lain, Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Amir Kasman, PJU, Walikota Medan, Dandim 0201 Medan, Kapolres Belawan, Regional Head PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional I, Kepala kantor Syahbandar Belawan, Kadis KLHK Medan, Dirpolairud Polda Sumatera Utara, Dirjen BC Belawan, Kepala KPLP Belawan, Rektor UMSU, Rektor USU, Ketua Yayasan Panca Budi, Rektor UISU, Camat Belawan, Ketua HNSI, Ketua Majelis Pembimbing Saka Bahari dan Komponen Masyarakat Maritim serta pelajar.

Sumber: Dispen Lantamal I