oleh

Satgas TMMD Bergeser Target Dan Bedah Rumah Juminah

SKI, Tuban – Satu persatu rumah warga Desa Brangkal Kecamatan Parengan sedang dikerjakan para Satgas TMMD bersama warga setempat.

Sasaran RTLH dalam TMMD Reguler 104 Kodim 0811 Tuban sasarannya sebanyak 27 unit.

Saat ini giliran rumah Juminah (61) yang berada di RT. 003 RW. 003 Desa Brangkal ini
mulai disentuh Satgas TMMD. Para Satgas dibantu warga mulai membongkar atap rumah dan dindingnya yang terbuat dari papan.

Rumah yang direhab rata-rata kondisi sangat memprihatinkan, bocor atap jika hujan datang, dinding papan keropos dan berlubang. Rumah-rumah tersebut kini sedang direhab di hari ke-13 TMMD agar lebih layak huni.

Sesuai apa yang dituturkan Juminah, rumah yang ditempatinya itu merupakan kenangan bersama keluarga. “Suka dan duka keluarga ini ada disini” ungkapnya.

Dikatakannya pula, dirinya memang berniat untuk memperbaiki rumahnya, namun karena keterbatasan biaya, niatnya itu masih tertunda hingga kini.

“Buat makan sekeluarga saja kadang susah, apalagi buat memperbaiki rumah, memang niat ada tapi biaya yang belum ada, ya udah…Pak yang penting bisa ditempati,” imbuhnya.

Sementara itu, Dan SSK TMMD, Kapten Arm Teguh Haribowo menyampaikan, melihat kondisi yang seperti ini, Satgas harus segera turun ke lapangan untuk membongkar rumah Ibu Juminah ini mumpung cuaca sedang mendukung.

“Pekerjaan kita awali dengan dengan membongkar rumah, membuat penopang atau sak rumah serta pondasi yang lebih tinggi dari tanah halaman rumah supaya air hujan limpasan tidak masuk ke rumah,” terangnya.

Sementara Kades Brangkal, Zaenal Muttaqin menyampaikan, memang kondisi rumah Ibu Juminah sangat memprihatinkan, begitu juga RTLH yang lainnya kondisinya juga hampir serupa.

“Selain letaknya di dataran rendah, kondisi bagian atap dan dinding rumah juga sudah banyak yang lapuk,” ungkapnya. (Red SKI) 

Komentar

News Feed