Sekarang Warga NTB Bisa Pasang Baru Listrik Melalui Aplikasi PLN Mobile

SKI | Mataram – Setelah Listriqu berhasil diintegrasikan dengan aplikasi PLN Mobile, satu lagi fitur baru yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat NTB, yakni pasang baru. Launching fitur baru ini dilaksanakan secara virtual, tepat di 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia oleh Direktur Niaga dan Pelayanan Pelanggan PT PLN (Persero), Bob Saril.

 

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasojo yang sekaligus merupakan Chief Transformation Officer juga menyampaikan bahwa aplikasi PLN Mobile ini merupakan aplikasi Super Apps yang merubah cara pandang dan cara kerja PLN. Tak hanya itu, PLN Mobile juga memfasilitasi komunikasi langsung antara pelanggan dengan PLN.

 

“Saya mengapresiasi hadirnya menu pasang baru ini di PLN Mobile. Semoga semoga peluncuran ini akan memantik munculnya inovasi PLN, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan pastinya”, ujar Darmawan. Selasa, (17|8).

 

Ke depan, aplikasi ini tentunya akan terus dikembangkan. Akan ada Yantek Mobile yang juga akan terintegrasi dengan PLN Mobile, di mana petugas gangguan juga akan dapat termonitor oleh sistem. Darmawan juga mengimbau untuk terus menjaga kualitas layanan dengan tetap pada pengembangan dan penyempurnaan sehingga kualitas pelayanan pelanggan dapat terus terjaga.

 

Dengan adanya fitur pasang baru ini, PLN Mobile saat ini memiliki 5 fitur yang sangat memudahkan pelanggan, yakni pembelian token dan pembayaran tagihan, perubahan daya, pencatatan meter, pengaduan gangguan dan keluhan, serta pasang baru. Selain itu, terdapat 5 sub fitur yang terdiri dari monitor pemakaian paskabayar, monitor pembelian token, notifikasi tagihan, informasi progres penyelesaian gangguan, notifikasi padam dan pemeliharaan.

Sekarang Warga NTB Bisa Pasang Baru Listrik Melalui Aplikasi PLN Mobile. Photo: istimewao

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran menyampaikan bahwa dengan adanya fitur ini, layanan pasang baru PLN akan menjadi lebih efektif dan lebih cepat.

 

“Setiap proses dapat dipantau secara langsung oleh calon pelanggan. Tinggal klik di aplikasi, petugas akan datang ke rumah untuk melakukan penyambungan”, jelas Lasiran.

 

Lasiran juga menjelaskan sebanyak 1.026 petugas disiapkan untuk melayani penyambungan baru di NTB. Seluruh peralatan kerja, peralatan K3 dan juga peralatan pendukung seperti smartphone juga telah disiapkan untuk tetap menjaga waktu pelayanan.

 

Proses persiapan telah dilakukan sejak bulan Maret 2021. Uji coba pasang baru melalui aplikasi PLN Mobile juga berhasil dilakukan di bulan Agustus 2021. Sebanyak 17 pelanggan di 3 Unit Pelaksana Pelanggan dan 8 Stasiun Pengisian Listrik Umum dan Penerangan Jalan Umum telah berhasil disambung secara serentak tepat di 17 Agustus 2021.

 

Cara melakukan pendaftaran pasang baru via PLN Mobile juga sangat mudah. Masyarakat tinggal memilih menu “Layanan Listrik”, kemudian berlanjut ke fitur “Pasang Baru”. Selanjutnya, tinggal mengisi kolom yang harus dilengkapi, dan melakukan pembayaran melalui beberapa metode yang telah disediakan.

 

Saat ini, tercatat pengguna aktif PLN Mobile di NTB adalah sebanyak 391.683 pelanggan. Angka ini masih jauh dibandingkan dengan jumlah pelanggan PLN NTB yang telah mencapai 1,6 juta pelanggan.

 

“Ayo masyarakat NTB! Segera download aplikasi PLN Mobile, dan nikmati segala kemudahan layanan listrik dalam genggaman“, ajak Lasiran.

 

Sebelumnya, PLN NTB juga telah mengintegrasikan Listriqu dengan PLN Mobile pada bulan Juli 2021, yaitu salah satu layanan dari anak perusahaan PLN yang merupakan solusi bagi masyarakat yang memiliki masalah pada IML (Instalasi Milik Pelanggan). (red)

News Feed