Simak, Begini Cara dan Syarat Mudik Gratis 2022 Kemenhub

Foto ilustrasi

SKI | Jakarta – Kemenhub secara rutin mangadakan mudik gratis untuk masyarakat setiap satu tahun sekali yakni jelang lebaran. Namun dalam dua tahun terakhir program mudik gratis ditiadakan akibat pandemi Covid-19.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat setidaknya telah menyiapkn 350 unit bus untuk program mudik gratis di tahun 2022 ini.

Mudik gratis akan dilaksanakan pada akhir bulan April untuk tujuan ke beberapa wilayah di Indonesia, Ke 14 Wilayah tersebut antara lain, tujuan Tegal, Demak, Semarang, Kudus, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, Purwokerto.

Pendaftaran peserta mudik gratis ini dapat dilakukan secara online. Calon peserta dapat melakukan pendaftaran melalui handphone dan laptop.

Berdasrkan Surat Edaran (SE) Nomor 41 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Mudik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2022 menetukan sejumlah aturan mudik gratis 2022. Diantara aturan yang ditetapkan adalah sebagai berikut.

1. Calon pemudik gartis yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

2. Calon pemudik yang baru mendapatkan vaksinasi dosis kedua tetap wajib melakukan tes COVID-19. Baik dengan hasil negatif rapid tes antigen maksimal 1×24 jam sebelum jadwal keberangkatan, atau rapid tes RT-PCR maksimal 3×24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

3. Calon pemudik yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama, wajib menunjukkan hasil negatif rapid tes RT-PCR maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

4. Calon pemudik dengan kondisi kesehatan khusus atau komorbid diwajibkan:- Menunjukkan hasil negatif rapid tes RT-PCR maksimal 3×24 jam sebelum jadwal keberangkatan.- Melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa calon pemudik belum atau tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19

5. Calon pemudik dengan usia di bawah 6 tahun harus memenuhi syarat:- Wajib didampingi oleh pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan juga pemeriksaan COVID-19.- Tidak wajib vaksinasi- Tidak wajib menunjukkan hasil negatif rapid tes RT-PCR atau pun antigen.

Berikut Cara Daftar Mudik Gratis 2022 Kemenhub :

1. Masyarakat yang akan mendaftarkan sebagai peserta mudik gratis 2022 Kemenhub dapat mengakses link www.mudikhubdat2022.com

2. Log in dan isi data diri

3. Tunggu hingga proses verifikasi dan validasi selesai

4. Setelah validasi, peserta dapat mengunduh dan mencetak QR e-tiket

5. Selanjutnya, calon pemudik dapat membawa QR e-tiket beserta data pendukung lainnya (seperti KTP, Kartu Keluarga/KK, bukti vaksin) ke lokasi registrasi untuk kemudian mendapatkan nomor bus.

Sebagai informasi registrasi mudik gratis 2022 akan dilakukan di 5 lokasi yang telah ditentukan. Diantaranya yaitu Jakarta, Tangerang, Bogor, Depok dan Bekasi. (red).