oleh

Tingkatkan Koordinasi Pengawasan, Inspektorat Daerah Temui Kapolres Parimo

SKI – PARIGI MOUTONG, Dalam rangka meningkatkan koordinasi terkait pengawasan dan pengawalan pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Muhammad Sakti Lasimpala, S.Pd, SE, MAP, gelar pertemuan dengan Kapolres Parimo.

Didampingi dua orang auditornya, Sakti menemui Kapolres Parigi Moutong, AKBP Zulham Efendi Lubis, SIK, di Mako Polres Parimo, Rabu (28/11), sekaligus bersilahturahmi dengan Forkopimda.

“Kebetulan saya baru beberapa hari dilantik sebagai Inspektur Inspektorat. Pak Zulham juga belum lama menjabat sebagai Kapolres Parimo. Kami ingin berkoordinasi terkait pegawasan sekaligus  juga silaturahmi,” ujarnya.

Sakti mengungkapkan, selaku organisasi perangkat daerah (OPD) yang memiliki tugas dan fungsi sebagai pengawasan internal pemerintah kabupaten, Inspektorat Daerah berkewajiban mengawasi kinerja pemerintah mulai dari kegiatan pembangunan, kepegawaian dan pelayanan kepada masyarakat.

“Pengawasan diperlukan guna terciptanya pemerintahan yang baik dan bersih di daerah. Untuk itu, masukan dari Kapolres sebagai Forkopimda kami butuhkan,” tegasnya.

Ditambahkan, Kapolres Parimo juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Parimo.

“Sehingga fungsi koordinasi terkait pelaksanaan tugas Saber Pungli itu mesti dijalankan dengan baik,” tambahnya.

Selain itu, bukan hanya dengan pihak kepolisian, pihaknya juga akan memperkuat kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Parimo dalam pelaksanaan tugas Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) yang telah dibentuk Kejaksaan Agung RI.

“Melalui peran TP4D, Inspektorat Daerah bersama penegak hukum mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya preventif dan persuasif,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Parimo, AKBP Zulham Efendi Lubis, S.I.K, menyambut baik kedatangan Inspektur Inspektorat Daerah tersebut.

Menurutnya, pertemuan itu merupakan langkah awal yang bagus membangun komitmen dalam rangka mewujudkan Pemerintahan yang bersih di Kabupaten Parimo.

“Saya kira pertemuan ini merupakan langkah awal yang bagus, sebagai wujud koordinasi dan kolaborasi dalam mewujudkan pemerintahan yang clean dan clear,” kata Kapolres.

Kapolres berharap, hubungan kemitraan yang sinergis antara Polres dengan Pemerintah Kabupaten Parimo bisa terus terjalin dengan baik.

“Sinergitas yang baik akan berdampak positif bagi pelaksanaan pembangunan di daerah ini,” pungkasnya.

Penulis : Dewi

Editor    : Red SKI

Komentar

News Feed