Wabup Resmikan Ruang VIP dan VVIP RSUD Praya

SKI| Lombok Tengah – Sebagai bentuk keseriusan dalam peningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, RSUD Praya Lombok Tengah telah meresmikan ruang VIP dan VVIP yang baru saja selesai di renovasi.

Peresmian tersebut dilakukan secara langsung oleh Bapak Wakil Bupati Lombok Tengah M. Nursiah yang didampingi oleh direktur RSUD Praya beserta jajaran manajemen, para ketua komite dan kepala instalasi, kepala ruangan rawat inap lingkup RSUD Praya.

Dalam sambutan nya, Wabup sangat mengapresiasi atas diresmikannya ruangan VIP dan VVIP tersebut. Peningkatan kualitas layanan kesehatan terutama pelayanan di rumah sakit harus terus tetap kita dorong agar tidak ada lagi keluhan dari masyarakat sebagai konsumen dari RSUD Praya ini.

“Saat ini kualitas sarana dan prasarana ruang VIP dan VIPP sudah cukup baik, namun sarana dan prasaran ini harus di imbangi dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan di tugaskan,” ungkapnya Selasa (23|1).

Lanjut Nursiah, SDM itu harus berkompetensi dengan skill yang cekatan dan mumpuni. Terutama dari segi etika SDM yang memberikan layanan ramah, murah senyum dan responsip terhadap kebutuhan pasien.

“Hal-hal itu akan memberikan rasa tenang dan percaya baik oleh pasien termasuk keluarganya pasien,” tambah Nursiah.

Sementara itu Direktur RSUD Praya dr. Mamang Bagiansah Menerangkan bahwa, dalam peresmian ruang VIP dan VVIP sebenarnya tidak membangun gedung baru, namun merenovasi gedung VIP yang sudah ada dengan menggunakan Angggaran renovasi yang bersumber dari APBD TA. 2023.

“Kami renovasi sarana dan prasarana yang sudah tidak memenuhi standar dan kami juga menambahkan dua ruangan VVIP, satu ruang VVIP di lantai satu dan satu ruang lagi dilantai dua,”

“Untuk perbedaan ruang VIP biasa dengan VVIP ini ada pada luas ruangan, fasiltas seperti lemari, meja mini bar dan tempat tidur serta sofa untuk penunggu pasien,” lanjutnya.

Dengan selesainya rehab bangunan ini, maka untuk saat ini RSUD memiliki 12 ruangan VIP standar dan 2 ruangan VVIP ucap direktur yang masih enerjik tersebut.

“Ini bukti komitmen pemerintah daerah dalam mendukung kami untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di Gumi Tatas Tuhu Trasna tambahnya,”

Peresmian ruang VIP dan VVIP ini juga dibarengi dengan lounching MHAS ( Mandiri Hospital Application Solution), sebuah produk kerjasama RSUD Praya dengan PT. Bank Mandiri.

MHAS merupakan layanan web based yang memberikan kemudahan kepada rumah sakit dalam memproses penerimaan pembayaran dari pasien, menyediakan rekonsiliasi, laporan dan dasboard penerimaan pembayaran baik dari pasien umum maupun pasien BPJS Kesehatan.

Lebih lanjut dr. Mamang menjelaskan bahwa dengan MHAS ini rumah sakit dapat memonitoring transaksi dan klaim BPJS Kesehatan dari mana saja tanpa harus datang ke kantor.

“Melalui sistem ini, rumah sakit mampu merekonsiliasi data tagihan kliam BPJS Kesehatan serta menampilkan dalam bentuk laporan dan dasboard yang informatif,” pungkasnya. (Riki)