oleh

Asri Mardianto Mantan Aktivis Sosok Pejuang Rakyat Di Lotim

SKI,LOTIM – Siapa yang tidak kenal dengan Asri Madianto, mantan aktivis pergerakan di Lombok Timur. Putra kelahiran Desa Perigi,Kecamatan Suele ini merupakan sosok pejuang warga desa dan kota dalam menjemput program untuk kemaslahatan masyarakat di Lotim bagian utara pada khususnya dan Lotim pada umumnya.

” Saya tidak akan pernah berhenti untuk berjuang demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di Lotim terutama bagian utara,” kata Sekretaris Pemuda Pancasila Lotim, Asri Mardianto di Selong.

Menurut Caleg DPRD Lotim PDIP Nomor urut 5 Dapil 5 menegaskan selain masalah kemiskinan, pendidikan,kesehatan maupun bidang lainnya yang dihadapi masyarakatnya untuk diperjuangkan. Dengan menjemput berbagai program yang ada.

Dirinya juga memiliki motivasi dan semangat kedepanya untuk mengembangkan revitalisasi adat dan budaya limbungan Desa Perigi. Agar bisa terus dipelihara dan lestarikan dengan baik,karena merupakan aset bagi kabupaten Lotim.

‎” ‎Kebudayaan di desa adat sangat penting untuk dilestarikan dengan baik pada komunitas budaya ditengah-tengah masyarakat seperti halnya adat budaya Limbungan,” ujarnya.

Ia menambahkan potensi-potensi desa adat dalam rangka pelestarian kebudayaan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dengan masyarakat setempat dan satu kesatuan dalam identitas sosial. 

Karena masyarakat berinteraksi berdasarkan nilai, norma, serta aturan adat yang tertulis maupun tidak tertulis.Begitu juga halnya dengan penduduk Limbungan dengan banyak sekali yang rumah warga tidak layak huni.

Maka sangat penting sekali untuk di perjuangkan dalam merevitalisasi Rumah adat limbungan.
Revitalisasi merupakan langkah mempertahankan keberagaman budaya yang dimiliki jelasnya‎

“Kebudayaan kita sangat unik dan mengalami banyak tantangan cendrung 
terlihat dari fenomena masyarakat yang lebih memilih untuk menggunakan hand phone sebagai komunikasi sehari-hari dalam mesilaq / mengundang warga dalam kegiatan gawe adat… Padahal bertemu secara langsung antr warga sangat bagus sekali dlm membangun hubungan kekeluargaan antr warga sebagai identitas adat dalam lapisan masyarakat‎

Asri mengatakan setelah melaksanakan program padat karya infrastruktur dari dinas tenaga kerja dan transmigrasi di akses jalan Bukit Durian kami laksanakan dan di anggap berhasil,  kami kemudian diberikan lanjutan kegiatan padat karya produktif di dusun wisata limbungan. 

Namun hati kami tergerak lanjutnya karena banyak sekali penduduk adat limbungan yg rumah adatnya sangat tidak layak huni. Sehingga penting sekali untuk di perjuangkan dalam merevitalisasi Rumah adat limbungan.
Revitalisasi merupakan langkah mempertahankan keberagaman budaya yang dimiliki jelasnya

Apalagi, ada kencederungan masyarakat untuk mencampurkan budaya asing demi mengikuti perkembangan modernisasi.

” Selaku pengurus Pemuda Pancasila berinisiatif dan kreatif menjalankan tugas untuk renovasi fisik Rumah adat Warga. Revitalisasi desa adat dapat menjadi stimulus penggerak sektor nonfisik di masyarakat desa, seperti sektor perekonomian.Dengan menjemput program di Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud,” tandasnya.

” Yang dirinya meminta dukungan masyarakat Lotim di Dapil 5 untuk berjuang bersama-sama menuju kemajuan dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik sebagaimana yang diharapkan bersama,” tambahnya.

Penulis : Rizal

Komentar

News Feed