oleh

Batu Alam Salah Satu Yang Dimanfaatkan Anggota Satgas TMMD Reg Ke-104

SKI, Tuban – Beberapa anggota satgas TMMD REG 104 Kodim 0811 terlihat memecah batu dengan cara di pukul dengan palu, Rabu (20/03/19).

Batu merupakan bahan dari alam yang terbentuk secara alami dari lelehan lava gunung berapi, lelehan lava tersebut kontak dengan udara gunung yang dingin kemudian mengeras dan menjadi sebuah bongkahan batu.

Batu merupakan bahan bangunan yang sudah sangat banyak digunakan sebagai bahan bangunan, contoh seperti pondasi rumah, senderan tebing ataupun yang lainnya.

Batu yang digunakan untuk pembangunan jalan usaha tani TMMD Reg Ke 104 Kodim 0811 Tuban di carikan yang kwalitas baik berasal dari Kecamatan Montong, bentuknya berupa bongkahan batu yang relatif besar dan sangat keras, untuk mendapatkan ukuran yang pas perlu diperkecil ukurannya dengan jalan dipukul palu dengan berat 5-10 kilogram.

Salah satu anggota satgas TMMD, Pratu Darta terlihat sedang memukul batu untuk mengecilkan bongkahan batu tersebut, “Perlu tenaga ekstra dan fokus pada saat menggebuk batu ini, karena bila tidak maka batu tidak pecah,” katanya.

“Bila kita tidak fokus, maka sangat berbahaya untuk kita sendiri dan orang lain, karena pecahan nya sangat tajam dan bisa melukai anggota tubuh kita,” imbuh Pratu Darta sambil mengepalkan tangan pertanda masih semangat untuk memecah belah batu. (Red SKI) 

Komentar

News Feed