oleh

Bawaslu Katakan Lotim Rawan Konflik Pemilu, Polres Lotim Kaji Indikatornya

Foto: Kapolres Lotim,AKBP Ida Bagus Made Winarta, S.Ik

SKI – Lotom – Pihak Kepolisian Resor Lombok Timur mengkaji indikator-indikator yang mengatakan kalau Kabupaten Lotim rawan konflik dalam pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 oleh Bawaslu.

” Kami lakukan pengkajian terhadap 21 indikator yang dikatakan Bawaslu kalau Lotim rawan konflik pemilu,” tegas Kapolres Lotim, AKBP Ida Bagus Made Winarta, S.ik kepada wartawan di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan pihaknya juga sudah melakukan shilaturahmi dengan pihak Bawaslu Lotim dalam rangka untuk melakukan komunikasi dan koordinasi. Terutama mengenai masalah menyangkut Pileg dan Pilpres.

Oleh karena, berbagai langkah dilakukan dalam rangka untuk mensukseskan pelaksanaan pemilu di Lotim.Agar bisa berjalan aman dan lancar,meski diantara masyarakat berbeda pilihan tentunya hal wajar, akan tapi tidak sampai terjadi permasalahan dilapangan akibat berbeda pilihan tersebut.

” Kami memperbanyak melakukan deklarasi damai di berbagai tempat di wilayah Lotim,termasuk juga akan mengundang berbagai tokoh,ormas maupun lainya dalam rangka untuk shearing terhadap permasalahan di lapangan,” ujarnya.

Lebih lanjut Ida Bagus menambahkan sementara mengenai masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) tentunya kami minta pihak penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU. Untuk segera melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) untuk mencari solusi penyelesaian terhadap persoalan tersebut.

Begitu juga hal kalau terjadi permasalahan yang menyangkut dengan pemilu hendaknya di inventalisir.Agar tidak membesar nantinya,sambil mencari celah untuk menyelesaikannya.

” Jangan masalah yang kecil itu dibiarkan karena itu akan menjadi bom waktu nantinya, apalagi yang menyangkut dengan masalah pemilu tentunya harus menjadi atensi untuk diselesaikan,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Mantan Kapolres Bima ini menambahkan pihaknya juga memerintahkan semua bhabinkamtibmas di Lotim untuk melakukan pemetaan terhadap kerawanan yang muncul di tempat desa binannya masing-masing.

Baik yang berkaitan dengan masalah Pemilu maupun lainnya.Untuk kemudian hasilnya dilaporkan secara berjenjang sesuai dengan mekanisme yang ada.

” Bhabinkamtibmas juga kami perintahkan untuk melakukan pemetaan kerawanan kamtibmas di desa masing-masing, termasuk juga meminta untuk melakukan banyak shilaturahmi kepada masyarakat,” tambahnya.‎

Penulis : Rizal

Editor : Red SKI

Komentar

News Feed