oleh

Bupati Lotim  Buka Kegiatan Pesona Budaya Kaliantan Tahun 2019

SKI, LOTIM – Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy, menghadiri sekaligus membuka kegiatan “Pesona Budaya Kaliantan Tahun 2019” the Ancestral Pesta adat Bau Nyale di Lapangan Tampah Boleq Dusun Kaliantan Desa Serewe Kecamatan Jerowaru Lotim, Sabtu (23/2).

 Hadir dalam kegiatan tersebut hadir  Kapolres Lotim, Dandim 1615/Lotim di wakili Danramil 04/ Keruak, Kepala Dinas Pariwisata Lotim, Camat Jerowaru, Kapolsek Jerowaru, Danposramil 04/ Jerowaru, Panitia Pesona Budaya Kaliantan Tahun 2019″ Bau Nyale.

Bupati Lotim HM Sukiman Azmy, dalam sambutannya menyampaikan ucapan syukur dan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan kegiatan Pesona Budaya Kaliantan yang didalamnya ada Bau Nyale.

Pemerintah Kabupaten Lotim, menjanjikan featival Bau Nyale, akan menjadikan sebagai kalender kegiatan tahunannya. Sehingga, pelaksanaan kegiatannya lebih meriah, dan sepenuhnya didukung Dinas Pariwisata (Dispar). 

” Kegiatan ini  menurutnya secara tidak langsung kegiatan ini akan mempertahankan budaya dan adat tradisional kita dan semakin berkembang,” ujarnya.

Lebih lanjut Sukiman melakukan kilas balik disaat kepemimpinannya 5 tahun lalu (Sukiman-Luthfi), bahwa tidak ada selembar surat ijin yang kami keluarkan untuk penjualan tanah Tampah Boleq. 

Namun apa hendak dikata nasi sudah menjadi bubur, akan tetapi untuk menyelesaikan masalah mari kita duduk bersama, karena saat ini tanah tampah Boleq, sudah memiliki izin dan sertifikat yang sah, sesuai dengan undang – undang. 

Tapi jangan putus semangat, kita akan berjuang bersama untuk memperjuangkan tanah ini dan akan melakukan komunikasi dengan pihak pengembang untuk mencari solusi terbaik. 

” Kami selaku Pemda Lotim, akan menegakkan aturan 100 meter sebagai sepadan pantai, yang tidak boleh di bangunkan dalam bentuk apapun,” ujarnya.

Mantan Dandim 1615 Lotim menegaskan Khusus bagi pihak pengembang jangan ragu, mari kita sama-sama kembangkan dan kita bangun Daerah ini.

” Yakinlah bahwa saya dan jajaran selaku pejabat Lotim, tidak akan mengucilkan pihak pengembang dan kami selalu wellcome, asal itu untuk kemajuan Daerah menuju masyarakat yang sejahtera,” tukasnya.

Penulis : Rizal

Editor    : Red SKI

Komentar

News Feed