Dewan Bentuk Pansus Dalam Rangka Pembahasan Perubahan Tata Tertib DPRD

SKI| Lombok Tengah- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Tengah, mengelar sidang paripurna dengan membahas tiga aitem yakni penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) di lingkungan DPRD tahun 2023 dan penetapan rencana kerja DPRD tahun anggaran 2023. Dewan juga melakukan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) dalam rangka pembahasan Perubahan Tata Tertib DPRD.

Dalam Pansus perubahan tata tertib DPRD ini, ketua Pansus dipercayakan kepada Andi Mardan. Pansus kemudian diberikan waktu kerja hingga 24 Maret mendatang, untuk melakukan berbagai macam pembahasan dalam menyelesaikan berbagai peroblem yang terjadi dalam tata tertib DPRD tersebut.

Andi Mardan menyampaikan bahwa setelah pansus dibentuk, maka mereka akan langsung bekerja. Sehingga agenda yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini, mengingat waktu untuk Pansus juga dipercepat maka mereka akan mencoba membuka lagi apa yang masih belum mecing di tata tertib DPRD Loteng ini.

“Ini ada ruang untuk komposisi di tatib untuk kita lakukan perbaikan, misalkan komposisi anggota pada Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Jadi kedepan kita harapkan dengan adanya Pansus ini, membuat tidak ada anggota DPRD yang nganggur dalam urusan- urusan di AKD,” ungkap Andi Mardan pada Rabu (18|5)

Pansus juga akan mencoba membahas dan mencari celah bahwa keaktifan di internal dewan juga kedepan menjadi atensi. Termasuk juga komposisi pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di masing- masing AKD juga perlu dilakukan pembenahan.

“Ini sebenarnya setelah kita jalan ternyata ada beberapa hal yang kita lihat belum mecing. Yang namanya aturan baru yang kita terima,”tambahnya.

Politisi Demokrat ini menegaskan bahwa kedepan jika ada temuan di Pansus, maka penting untuk dilakukan pembenahan. Karena memang tujuan utama dari pembentukan Pansus ini adalah pemenuhan per anggota dewan dengan bisa menempatkan semua anggota DPRD pada posisi masing- masing di AKD maupun Badan Anggaran (Banggar).

“Selama ini memang sudah berjalan dengan baik, cuma ada beberapa celah yang ini akan sangat lebih epektif kita lakukan. Ini hanya lebih mengepektifkan saja, makanya kerja Pansus hanya sebentar saja sampai 24 Mei mendatang. Waktunya sangat pendek, makanya mulai besok kita sudah mulai bekerja dan mudah- mudahan bisa epektif untuk selesai,”tegasnya.(Riki).

News Feed