DPD MATRA Kabupaten Jepara Bersinergi Serta Berpartisipasi Kirab Ancak dan Budaya Sedekah Bumi di Desa Kecapi

SKI | Jepara – DPD MATRA ( Masyarakat Adat Nusantara ) Kabupaten Jepara bersinergi serta berperan aktif untuk melestarikan adat istiadat dan budaya di desa Kecapi dalam rangka sedekah bumi desa Kecapi dan hari jadi Desa Kecapi yang ke 254 Tahun, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara.

Pemdes Kecapi, Selasa siang – selesai (4/6/2024) mengadakan serangkaian kegiatan sedekah bumi dan peringatan menjelang HUT RI ke-79 mulai dari Manganan (20/5) di Punden Shima dan Festival Thong Thek di Lapangan Desa Kecapi, Kirab Ancak Budaya (4/6) siang start dari halaman depan rumah Petinggi Desa Kecapi, Sukambali menuju Baldes Kecapi yang diikuti oleh segenap warga dari RT dan RW Desa Kecapi, malamnya dilangsungkan pagelaran wayang kulit dengan lakon Wahyu Katentreman oleh dalang KRT. Ki Hendro Suryo Kartiko, S.Sn. dengan sinden Ayu Vanora, Rara Kiswara dan Sri Kartini dilanjutkan dengan acara pengajian umum Jum’at malam (5/6) di Baldes Kecapi. Rencananya di bulan Agustus 2024, Kecapi Cup (7/7-4/8), senam dan jalan sehat Minggu (11/8) dan puncaknya peringatan HUT RI ke-79 di lapangan Desa Kecapi.

Acara Kirab Ancak dan Budaya (4/6/2024) siang sampai selesai dihadiri oleh Sukambali Petinggi Desa Kecapi beserta jajarannya, Andang Wahyu Triyanto, S.E., M.M., anggota DPRD Provinsi Jateng dari Fraksi PDIP dan Nur Osel Kahisha Putri, S.S., (Mbak Osel) Anggota DPRD yang terpilih dari Dapil I (Kecamatan Jepara, Tahunan, Kedung dan Karimunjawa) dari Partai PDIP, perangkat desa, TP PKK Desa Kecapi, BUMDesa, Karang Taruna, BPD, Banser NU, Babinsa, Bhabinkamtibmas, LPM Desa, DPD MATRA Kabupaten Jepara, Tomas serta Toga. Ribuan peserta mengikuti kegiatan dengan menampilkan berbagai kesenian dan ancak gunungan berisikan hasil pertanian serta warga masyarakat nampak antusias berduyun-duyun menyaksikan dari dekat keramaian dan keseruan penampilan peserta festival kirab ancak budaya.

Kepada awak media Sukambali, Petinggi Desa Kecapi mengucapkan Puji Syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan semua karunianya kepada kita dan juga mengatakan terimakasih kepada warga masyarakat Desa Kecapi yang ikut memeriahkan rangkaian acara Sedekah Bumi desa Kecapi yang ke 254 Tahun

“Terimakasih juga kepada para anggota dewan yang ikut membantu dan mendukung suksesnya acara Kirab Ancak Budaya hari ini. Semoga pelestarian seni ,tradisi adat istiadat dan budaya melalui Sedekah Bumi yang merupakan tradisi kearifan lokal harus kita lestarikan untuk memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada warga masyarakat Desa Kecapi,” pungkas Sukambali.

Ketua DPD MATRA Kabupaten Jepara Kartini sangat bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat sehingga pengurus dan anggota MATRA beserta jajarannya bisa bersinergi dan berkolaborasi untuk memeriahkan acara sedekah bumi desa Kecapi yang ke 254 Tahun semoga desa Kecapi menjadi desa yang adem ayem , ,Gemah ripah loh Jinawi Tata Titi Tentrem dan selalu menjaga serta melestarikan adat istiadat dan budaya dan jangan lupa dengan leluhur kita” imbuhnya Kartini. (Hani K).