oleh

Forum Peduli Netralitas Dan Profesionalitas TNI, Polri, ASN Mengajukan Petisi Pilpres Netral, Jujur Dan Adil

SKI, Jakarta – Forum Peduli Netralitas Dan Profesionalitas TNI, POLRI dan ASN mengajukan Petisi Pilpres Netral, jujur dan adil.

Situasi politik saat ini menuntut kita semua para anak bangsa untuk bisa bersikap objektif dan kritis terhadap pelaksanaan pemilihan umum. Demokrasi melalui sistem pemilihan presiden bertujuan untuk memilih pemimpin terbaik bagi bangsa dan negara, demi masa depan Indonesia yang lebih baik dan sejahtera.

Pembacaan petisi ini dihadiri oleh para Purnawirawan TNI/ POLRI, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat & Para Akademisi, Aktifis dan para awak media.

Adapun PETISI yang ditandatangani dan disampaikan bersama dalam konferensi pers diadakan di Jl. Bangka IX No. 1 B Kemang Jakarta Selatan Rumah Kediaman Komisaris Jenderal Pol. (Purn) Nugroho Djayusman, Senin (28/01/19).

Dihadiri oleh, Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso, Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhi Purdijatno, Marsekal TNI (Purn) Imam Sufaat, Komisaris Jenderal Pol. (Purn) Nugroho Djayusman dan Komisaris Jenderal Pol. (Purn) Sofjan Jacoeb.

Penyelenggara proses demokrasi rakyat adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakannya. Dalam mengawasi penyelenggaraan proses demokrasi ini, Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) diberi tugas untuk semua tahapan dan pelaksanaannya.

“Dalam proses demokrasi yang menjunjung tinggi kejujuran dan keadilan, suara rakyat untuk memilih presiden yang diinginkannya akan mengalami cacat dan diskriminasi apabila terjadi ketidaknetralan oknum Aparatur Sipil Negara, TNI, POLRI dan BIN yang banyak menggunakan fasilitas negara dan menggunakan kekuasaan serta kewenangan yang melekat dalam jabatannya. Kondisi ini bisa mencederai prinsip daulat rakyat sebagai kekuasaan tertinggi dalam demokrasi untuk memilih presiden, sebagai representasi kedaulatan rakyat itu sendiri,” ungkap Komisaris Jend.Pol. (Purn) Nugroho
Djayusman.

“Kepada semua pihak termasuk masyarakat luas agar melaporkan kepada BAWASLU dan pihak terkait lainnya, apabila mengetahui ketidaknetralan atau keberpihakan jajaran TNI, POLRI, BIN dan apararur negara lainnya demi menjamin jujur dan adilnya pemilu,” imbuhnya.

Adapun petisi yang ditujukan kepada Pemerintah Indonesia dibacakan oleh Komisaris Jend.Pol. (Purn) Nugroho
Djayusman di komunitas peduli terhadap suara rakyat dalam proses demokrasi adalah :
Mendesak netralitas TNI, Polri, BIN dan semua Aparatur Sipil Negara dalam Pemilihan Presiden 2019.

Mendesak agar seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) dijaga oleh para prajurit TNI/Polri yang ikut berperan sebagai pengawal pesta demokrasi tahun 2019.

Penulis : Fri

Editor    : Red SKI

Komentar

News Feed