oleh

Giat Peduli Karang Taruna Kecamatan Kroya – Indramayu Terhadap Bencana Korban Banjir

SKI | Indramayu – Hujan lebat 3 (tiga) hari berturut-turut kemarin 6 – 8/2/2021 yang mengguyur hampir seluruh Wilayah di Kabupaten Indramayu – Jawa Barat dan sekitarnya sehingga menyebabkan bencana banjir tak di alihkan, dari 31 Kecamatan yang ada di Kabupaten Indramayu, 22 Kecamatan yang terendam korban banjir dan hal itu juga hanya beberapa Desa saja yang ada di Kecamatanya yang terendam banjir juga.

Salah satunya yang mengalami banjir cukup parah adalah di Desa Kroya Kecamatan Kroya – Indramayu.

Tingginya curah hujan membuat beberapa sungai di Kecamatan Kroya tidak sanggup menampung debit air, sehingga menyebabkan banyak tanggul jebol senantiasa luapan air itu masuk ke pemukiman Warga. Dan peristiwa bencana banjir sekarang merupakan peristiwa banjir terparah dari tahun 2014 lalu.

Dari 9 Desa yang ada di Kecamatan Kroya semuanya mengalami kebanjiran, terutama Daerah pemukiman yang berdekatan dengan aliran sungai. Genangan air yang terparah di Desa Kroya, karena di Desa itu terdapat dua aliran Sungai yang cukup besar yakni, Sungai Cipondoh dan Sungai Cilalanang.

Adanya peristiwa bencana banjir yang cukup parah tersebut langsung di respon oleh Pengurus Karang Taruna Karya Mandiri Desa Kroya Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu – Provinsi Jawa Barat, tanpa menunggu instruksi dari pihak manapun, langsung terjun membantu evakuasi Warga yang terdampak.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Karang Taruna Desa Kroya Saudara Cahyono, menjelaskan, ” Kami selaku Karang Taruna Karya Mandiri di Desa Kroya sebagai bagian dari agent of moral tergerak untuk melakukan berbagai sumbangsih tenaga dari mulai pertama banjir sampai dengan pasca banjir ” lanjutnya,

“Kami turun langsung ke lapangan dengan beberapa gerakan, mulai dari menyiapkan tempat pengungsian korban banjir yang terendam rumahnya, kemudian sampai dengan menggalang dana membuka Open Donasi kepada para donatur untuk disalurkan kepada para korban itu. ” terang Cahyono. (12/2/2021).

Tambahnya, Cahyono sangat berharap dan memiliki mimpi besar agar Karang Taruna yang dipimpinnya untuk terus bergerak maju dalam melakukan berbagai hal perbaikan demi terwujudnya lingkungan sehat bersih bagi generasi penerus di masa mendatang, dan juga meminta agar Pemerintah harus terus melakukan perbaiki di segala sektor bidang, khususnya di bidang lingkungan yang seharusnya Pemerintah bisa memprioritaskan kajian lingkungan dalam pelaksanaan pembangunan, sebagai Pemangku kebijakan terkait harus memperhatikan, mempertimbangkan etika terhadap lingkungan, karena lingkungan bagian terpenting dalam harkat hidup Manusia. ” tutur tutupnya Cahyono terhadap awak Media Swara Konsumen Indonesi (SKI).

Untuk lingkup Kecamatan Kroya, selain Karang Taruna Desa Kroya, Karang Taruna Desa Tanjungkerta dan Desa Jayamulya turut aktif membantu para korban bencana banjir itu, sampai saat ini juga air belum sepenuhnya surut hanya beberapa lokasi saja yang sudah mulai surut. (Yana BS)

Komentar

News Feed