oleh

HUT KORPRI,Sekda Minta ASN Lotim Profesional dan Handal

Foto: Sekda Lotim,H.Rahman Farly

SKI – Lotim – Sekretaris Daerah Lombok Timur, H.Rahman Farly meminta kepada semua Aparatur Sipil Negara (ASN) Lotim untuk profesional dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. 

“ASN Lotim harus profesional dan handal dalam melaksanakan tugasnya,” tegas Sekda Lotim dalam arahan saat menjadi pembina upacara peringatan HUT KORPRI ke 47 tahun 2018 di kantor Bupati Lotim.

Sekda juga menekankan agar seluruh ASN untuk mempelajari,  memahami, dan mengenal tupoksi serta regulasi yang ada pada tugas masing-masing. Ini sebagai acuan dalam menjalani tugas untuk menjadi Aparatur Sipil Negara yang profesional dan handal. agar terhindar dari jerat hukum seperti kolusi,  korupsi, dan nepotisme. 

” Tingkatkan kinerja jauhkan KKN,” ujarnya.

Pada Upacara peringatan HUT Korpri ini Sekretaris Daerah membacakan juga membacakan  sambutan Presiden RI selaku Penasehat Nasional Korpri. Dalam amanat tersebut Presiden menyampaikan Selama 47 tahun, Korpri beserta seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara telah memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat, bangsa, dan negara.

 Korpri telah menjadi salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman. Jajaran Aparatur Sipil Negara telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional. 

Presiden menyampaikan bahwa pemerintah selalu memberikan prioritas untuk meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara melalui peningkatkan penghasilan serta dukungan terhadap jaminan kesehatan, perumahan dan pensiun. Revolusi lndustri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi, dan budaya di seluruh dunia. Perkembangan teknologi informasi, terutama perkomputeran dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi. 

Namun, teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari Aparatur Sipil Negara.Hal tersebut harus diikuti dengan perubahan kerja Aparatur Sipil Negara. Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas
lapisan pemerintahan dan di semua sektor. 

Presiden meminta agar tidak terjebak ego-sektoral, ego-organisasi, atau ego-program masing-masing, sebab semua permasalahan di masyarakat bersifat lintas sektoral, bahkan juga lintas daerah.

Presiden menyebutkan bahwa mulai tahun 2019, pemerintah akan melakukan program untuk memperkuat sumberdaya manusia menghadapi tantangan zaman yang semakin berat. Kualitas SDM di pemerintahan dan swasta, SDM di semua sektor, SDM di semua lapis pemerintahan serta kualitas SDM di usia dini dan remaja, harus ditingkatkan secara signifikan. SDM ini harus mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dari dunia dan teknlogi yang sedang berubah cepat.

Sehubungan dengan itu, seluruh jaiaran Aparatur Sipil Negara diminta segera memperkuat diri menjadi agen transformasi penguatan SDM, menjadi agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa. Diyakini bahwa ASN memberikan peran besar dalam transformasi kualitas SDM ini, sehingga akan memberikan hasil yang positif bagi kemajuan bangsa.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT Korpri ke-47 tingkat Kabupaten Lombok Timur dilanjutkan  Studium General. Kegiatan yang berlangsung  di Ballroom lantai 2 Kantor Bupati Lombok Timur ini menggambil tema “Kerjasama APIP dengan APH dalam Penanganan Pengaduan Masyarakat yang berindikasi KKN”.

Peringatan HUT Korpri ke-47 tahun 2018 tingkat Kabupaten Lombok Timur diisi pula dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Rinjani Selong pada Senin, 25 Nopember, juga pemberian santunan kepada 10 orang golongan 2 berprestasi, Pembangunan 25 unit rumah sementara untuk korban bencana gempa bumi di Kecamatan Sembalun, Sambelia, dan Pringgabaya terutama bagi masyarakat yang masih diam ditenda-tenda pengungsian dan gerak jalan santai pada hari jumat yang diikuti seluruh OPD.

 Peringatan HUT Korpri juga akan diisi dengan jalan santai pada Jumat, 30 Nopember yang akan diikuti seluruh ASN Lombok Timur.

Penulis : Rizal

Editor    : Red SKI

Komentar

News Feed