oleh

Jalur Rinjani Via Aik Berik Terbakar, Pendakian Ditutup Sementara

SKI| Lombok Tengah – Jalur pendakian Gunung Rinjani via Aik Berik di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) terbakar sejak Jumat, (4/8) kemarin

Kepala Seksi Pengelola TNGR wilayah 1 Resort Aik Berik Dwi Pangestu mengatakan, Pihaknya telah menerjunkan tiga tim untuk memantau situasi kondisi kebakaran tersebut.

“Ada satu tim di Aik Bual, satu tim lagi di Tete Batu, satu tim dari Polres melakukan oleh TKP di jalur air berik tempat awal mula titik api di temukan,” ujarnya, Senin (7|8) di Kantor Risort Aik Berik.

Dijelaskan juga, saat ini jalur pendakian Aik Berik sudah padam dan saat ini sedang olah TKP, bersama masyarakat juga ikut naik ke atas.

“Jalur Aik Berik memang sudah padam, dan tim sudah turun kemudian ada tim berikutnya yang naik melalui jalur Aik Bula,” ujarnya.

Lebih lanjut, bahwa kebakaran hutan yang terjadi sejak Jumat hingga hari ini diperkirakan sekitar 135 Hektar lahan yang terdampak.

“Ini kan muncul titik api baru, setelah titik awal itu padam yang kita pantau dari aplikasi muncul di Aik Bual, karena kita pantau dari BMKG itu arah angin berubah kearah bawah,” imbuhnya.

Hingga saat ini, pihaknya belum mengetahui penyebab dari kebakaran tersebut karena pihak Polres Loteng dalam proses mengecek dan olah TKP.

“Mungkin hari ini turun mengecek dan memastikan apakah memang karena faktor alam karena puncak musim kemarau atau memang ada unsur dari manusia, kita tunggu hasil dari polres,” Tandasnya

Dengan kejadian itu, pihaknya sudah menutup jalur pendakian via Rinjani dan tete batu, Lombok Timur

“Untuk pendaki umum sudah ditutup sementara per 7 Agustus,” pungkasnya (Riki).