Jelang Hari Jadi Jepara ke-475,  Edy Supriyanta Pimpin Ziarah ke Makam Leluhur

SKI | Jepara – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta memimpin ziarah ke makam para leluhur Jepara, Kamis (4/4/2024). Ikut dalam rombongan ini jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jepara dan sejumlah pimpinan perangkat daerah. Ziarah ke makam leluhur ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan Hari Jadi Jepara ke-475. Jika biasanya ziarah dilakukan pada tanggal 8 April atau dua hari jelang puncak peringatan Hari Jadi, kali ini dilakukan lebih awal.

Ziarah kubur ini dilakukan dimulai dari makam Sayyid Abu Bakar Alhadad atau Mbah Panggang di Kelurahan Panggang Kecamatan Jepara, makam Pangeran Syarif di Kelurahan Saripan, Kecamatan Jepara, makam Tjitrosomo II di Kelurahan Bapangan, Kecamatan Jepara.

Ziarah kubur kemudian dilanjutkan ke makam Tjitrosomo I di Desa Sendang, Kecamatan Kalinyamatan dan ke makam Ratu Kalinyamat dan Sultan Hadlirin di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan. Lalu diakhiri ziarah ke makam Mbah Daeng atau Habib Muhammad bin Syekh bin Abdurrahman bin Yahya di Desa Krapyak, Kecamatan Tahunan.

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta  mengatakan, ziarah ke makam leluhur merupakan tradisi yang selalu dilaksanakan menjelang Hari Jadi Jepara. Ziarah ini dilakukan untuk mendoakan para leluhur agar memdapatkan tempat yang baik di sisi Allah. Ini karena para leluhur ini telah memperjuangkan Jepara.

“Adat istiadat ini perlu kita lestarikan agar anak cucu kita tahu bahwa leluhur kita merupakan para prjuang yang telah banyak berkorban untuk Jepara,” kata Edy.

Lebih lanjut orang nomor satu di Jepara itu menyampaikan jika ziarah ini memang menjadi rangkaian peringatan Hari Jadi Jepara. Puncak hari jadi Jepara tahun 2024 ini bertepatan dengan Idulfitri sehingga upacara akan dilaksanakan pada 18 April 2024.

“Rencananya upacara akan dihadiri langsung oleh Pak Pj. Gubernur Jateng sebagai inspektur upacara. Mudah-mudahan berjalan lancar,” ungkapnya. (Hani).