oleh

Kecamatan Lohbener Berikan Pembinaan Bagi Aparatur Desa Waru

SKI | INDRAMAYU – Memasuki tahun anggaran 2022, Pemerintah Kecamatan Lohbener  melaksanakan pembinaan Aparatur Desa Waru Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu – Jawa Barat, Jumat (21/01/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara mengumpulkan para Aparatur Desa di Kantor Desa masing-masing.

Pembinaan kepada Aparatur Desa ini didasarkan pada ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, pasal 154 ayat 1 menyebutkan Camat atau sebutan lain melaksanakan pembinaan dan pengawasan Desa antara lain dengan memberikan fasilitasi administrasi tata Pemerintahan Desa dan fasilitasi pelaksanaan tugas kepala Desa dan Perangkat Desa.

“Sehubungan dengan hal tersebut, Tim Pembinaan Aparatur Desa yang diketuai oleh Sekretaris Kecamatan Lohbener bersama para Kasi Kecamatan turun ke bawah melaksanakan pembinaan di masing-masing Desa,” ujar Camat Lohbener Drs. Masroni.

Dalam setiap kunjungan ke Desa, tim Kecamatan menyampaikan dan memberikan arahan kepada Aparatur Desa untuk lebih memahami tupoksi sebagai Perangkat Desa sesuai dengan Jabatan di struktur Pemerintahan Desa. “Selain itu juga mendorong Aparatur Desa untuk responsif terhadap segala permasalahan yang muncul di Masyarakat terutama tentang pelayanan publik,” terangnya.

Masroni berharap kepada segenap Aparatur Desa untuk betul-betul mampu melaksanakan segala tanggung jawabnya sebagai Perangkat Desa. “Terlebih Pemerintah Pusat telah memberikan perhatian lebih khususnya tentang kesejahteraan Aparatur Desa dengan adanya kenaikan Siltap daripada Perangkat Desa,” pungkasnya.

Sementara Kepala Desa (Kades) atau Kuwu Desa Waru Kardam – Lohbener, mengatakan, dirinya akan membimbing dan mengarahkan Aparatur Desanya berkaitan dengan anggaran 2022-2027 mendatang.

“Insya Allah, pembinaan dan pengarahan ini menjadi acuan Desa Kami, sebagaimana program-program yang tertunda diprioritaskan,” jelas Kuwu Kardam. (YBS/Anton. K)

News Feed