oleh

Kemendag Optimis Paviliun Indonesia Sukses Di Expo 2020 Dubai

SKI| Tangerang – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan optimis Paviliun Indonesia meraih sukses di Expo 2020 Dubai di Dubai, UniEmirat Arab, yang merupakan World Expo ke-34. Expo 2020 Dubai yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Timur Tengah dan Afrika ini akan berlangsung dari tanggal 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021 di Dubai.

Persiapan Indonesia menjelang Expo 2020 Dubai ini disampaikan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Dody Edwarddi sela-sela Trade Expo Indonesia (TEI) ke-34 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, hari ini, Jumat (18/10).

“Pemerintah Indonesia terus bersiap untuk mengikuti Expo 2020 Dubai. Dengan dukungan dan kerja sama berbagai pihak, kami sangat optimis terhadap kesuksesan Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai,” tegas Dody.

Menurut Dody, dana yang diperlukan untuk partisipasi Indonesia pada Expo 2020 Dubai bersumber dari dukungan sponsor dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Lima perusahaan yang tercatat menjadi sponsor yaitu PT Astra International Tbk, PT Gajah Tunggal Tbk, Grup APRIL, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), dan Citarasa Prima (CRP) Group sebagai pengelola restoran (Warunk UpNormal).

Sebelumnya, WakilPresiden RI Jusuf Kalla didampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita telah meluncurkan Paviliun Indonesia di hari pembukaan TEI 2019 pada 16 Oktober 2019 lalu.

Peluncuran ini, menurut Dody, membawa optimisme segenap pemangku kepentingan untuk bekerja optimal dan bersinergi menampilkan paviliun yang menggambarkan Indonesia di masa depan, Indonesia Emas 204. Pada kesempatan tersebut, Wapres Jusuf Kalla juga membubuhkan tanda tangan pada papan digitalsebagai tanda resmi keikutsertaan Indonesia dalam ajang Expo 2020 Dubai.

Selain itu, pemerintah Indonesia diwakili Dirjen PEN telah melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pada 9 September 2019 di Dubai. “Hal tersebut merupakan capaian penting dalam tahap pembangunan Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai,” ungkap Dody.

Sementaraitu, Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab (UEA) Husin Bagis mengatakan, perkembangan pembangunan Paviliun Indonesia di Dubai terus berjalan. “Setelah peletakan batu pertama 9 September lalu, pembangunan Paviliun Indonesia terus berjalan. Saya optimis, Expo 2020 Dubai dapat meningkatkan perdagangan, pariwisata, dan investasi Indonesia, khususnya dari negara Timur Tengah maupun negara lainnya,” ujar Husin.

Konferensi pers ini dihadiri pula oleh Konsul Jenderal RI di Dubai Ridwan Hassan dan
Direktur Utama PT Samudra Dyan Praga Hariman Zagloel selaku operating agency Paviliun Indonesia.

Pada kesempatan ini, Dody mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung partisipasi Indonesia di Expo 2020 Dubai. “Marilah kita bersama-sama mendukung partisipasi Indonesia di ajang bergengsi ini sebagai salah satu strategi Nation Branding untuk mengangkat citra positif Indonesia di mata dunia,” kata Dody.

Paviliun Indonesia terletak di jalur utama di distrik “Opportunity” yang strategis dengan luas lahan 1.860 m2. Paviliun bertema “Transforming Future Civilization Through Innovations and Diversity” ini terdiri dari tiga lantai. Lantai satu yang bertema “To Build World A New”akan memberikan gambaran tentang Indonesia dalam kemasan “Connecting Yesterday – Today & Tomorrow”dengan menampilkan sekilas sejarah Indonesia sebanyak 15 persen, Indonesia Hari Ini sebanyak 25 persen, dan Indonesia Masa Depan sebanyak 60 persen.

Sedangkan, lantai dua akan menampilkan berbagai inovasi dan Konsep Indonesia Emas 2045 dengan tema “Celebrating You, Me, Together We Transform The Future”. Lantai ini menampilkan studio bioskop layar lebar berkualitas tinggi (high quality cinema) dengan instalasi yang canggih.

Studio tersebut sebagai tempat pemutaran film pendek tentang bagaimana Indonesia menciptakan masa depan bervisi global, namun tetap berlandaskan kearifan lokal. Area ini juga digunakan sebagai sarana presentasi untuk menarikinvestasi.

SementaraLantai tiga yang bertema “Welcome to Majestic Land of Diversity”akan menyajikan suasana pasar malam dengan berbagai keragaman budaya, keramahan, dan kehangatan khas masyarakat indonesia.

Dody menambahkan, informasi terbaru seputar Pavilun Indonesia di Expo 2020 Dubai dapat diakses melalui expo 2020 indonesia.id. “Paviliun Indonesia didesain secara futuristik dan dipadukan dengan berbagai motif tradisional. Siapa pun yang ingin mengetahui informasi terbaru seputar Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai dapat mengunjungi situs resmi expo2020indonesia.id, ”pungkas Dody. (Why/Red SKI).

Komentar

News Feed