oleh

KPU Kota Depok Akan Verifikasi 20 Parpol Peserta Pemilu 2024

SKI DEPOK | Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat bersama KPU kota Depok menggelar bimbingan teknis (Bimtek) terhadap partai politik (Parpol) peserta pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Persiapan KPU menjelang menghadapi hajat lima tahunan pemilihan umum 2024 yang akan di selenggarakan secara serentak berlangsung di Hotel Bumi Wiyata Jl, Margonda, Kamis (13/10/22)

Kegiatan Bimtek dihadiri oleh Walikota Depok Komisioner KPU Pusat, KPU Kota Depok, Bawaslu dan parpol peserta Pemilu 2024.

Acara Bimtek di buka oleh Walikota Depok Muhammad Idris, ia menyampaikan bahwa verifikasi faktual terhadap peserta pemilu 2024 merupakan sebuah kompetisi yang mana warga masyarakat menentukan pilihannya pada pemilu 2024 mendatang, ucapnya.

Dikatakan idris bahwa KPU kota Depok secara vertikal sudah punya lahan dan kita patut merasa bangga karena Depok punya aset kantor KPU sendiri, terang Walikota Depok.

Pemberian lahan untuk membangun kantor KPU kota Depok sesuai janji saya, terserah pihak KPU kapan akan di bangun

“Insya Allah dalam rekapan APBD 2023 sudah masuk itupun kalau memang dusetujui anggota dewan semiga di setujui dalam RAPB di tahun 2023 nanti.

Masih kata Idris, sebentar lagi ada pemilu, kita harus mendukung KPU termasuk regulasi serta aturan – aturan yang ditentukan dari KPU pusat, begitu juga di daerah yang artinya pengumuman peserta pemilu.

Yang memenuhi persyaratan administrasi hasil dari KPU Pusat akan di verifikasi oleh KPU kota Depok. Pengumuman verifikasi fajtual terhadap peserta pemilu pada Jumat 14 Oktober 2022

Idris menghimbau kepada warga masyarakat kota Depok untuk bersama – sama menjaga keamanan dan kenyamanan di kota Depok, imbuh Idris

Acara dilanjutkan Bimtek bersama narasumver dari komisioner KPU kota Depok Fikri Tamau bersama ketua Bawaslu kota Depok Luli Balini dan Sri Yono.

Menurut Sri Yono soal akan di lakukan verifikasi terhadap parpol yang akan mengikuti pemilu 2024, samplingnya itu nanti ditentukan oleh KPU. Nanti akan ada penjelasan selanjutnya

Meski kita tidak memiliki verifikator namun perlu dilakukan sosialisasi pada para pemangku kepentingan terutama aparat wilayah di kecamatan hingga di tingkat kelurahan, riilnya nanti di lapangan, paparnya.

” hari ini kita bicarakan dengan para peserta pemilu dari partai politik juga peran media membantu untuk sosialisasi proses tahapan pemilu 2024, bahwa akan ada verifikasi faktual

Kita akan menyandingkan dan mengkonfirmasi antara data yang sebenarnya, jadi data yang sudah ter upload kemarin itu di sudah kita verifikasi administrasinya, kemudian kita lihat bersama nanti kondisi lapangannya apakah sama atau berbeda atau ada perbaikan.

Misalnya begitu ada perbaikan dengan posisi kantor begitu juga bila ada parpol yang ingin pindah kantornya ke tempat yang lebih luas mungkin dalam kondisi-kondisi seperti itu jadi kegiatan menyandingkan dan6 mengkonfirmasi antara data yang terdapat pada keadaan.

Yang seperti ini menunjukkan bahwa ketika kami bergerak (KPU) bersama tim itu patokannya data simbol patokan kami melakukan verifikasi administrasi parpol, mulai dari kantor sekretariat, pengurus dan anggotanya, KPU kita Depok sudah menyiapkan formnya untuk pengisian data parpol peserta pemilu 2024. (Yuni)