Lantamal I Ikuti Penanaman Mangrove Serentak Oleh Kasal

SKI | Belawan,– Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo ikut serta pada pelaksanaan Penanaman Pohon Mangrove secara Vicon serentak seluruh Indonesia dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dilanjutkan penandatanganan prasasti dan penyerehan sertifikat Rekor Muri dan bahkan tercatat sebagai Rekor Muri Dunia mencatatkan penanaman bibit mangrove sebanyak 1.000.377 bibit secara serentak, Selasa (26/07/2022).

Dalam rangka menyambut Hari Mangrove Sedunia pada tanggal 26 Juli 2022, menyambut HUT Ke-77 Republik Indonesia Tahun 2022 Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022, TNI AL menggelar kegiatan penanaman mangrove nasional secara serentak di 77 lokasi seluruh Indonesia dengan melibatkan masyarakat pesisir, nelayan, petani, kelompok mangrove dan Pramuka Saka Bahari.

Penanaman Pohon Mangrove kali ini dilaksanakan di Pantai Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin Serdang Bedagai Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan “Kami atas nama pribadi mengucapkan terima kasih yang sebanyak-sebanyaknya atas terlaksananya kegiatan ini. Hutan mangrove merupakan salah satu bentuk ekosistem hutan yang unik dan khas, terdapat di daerah pasang surut di wilayah pesisir, pantai, dan atau pulau-pulau kecil, dan merupakan potensi sumber daya alam yang sangat potensial yang berperan sebagai salah satu penunjang perekonomian masyarakat pesisir dan secara ekologis, ekosistem laut kita bersama harus menjaga kelestariannya sebagai salah satu agen perubahan,” ungkap Yudo Margono.

Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo mengungkapkan disela-sela kegiatan, bahwa acara penanaman pohon mangrove dilaksanakan secara serentak di seluruh indonesia. Kegiatan penanaman pohon mangrove oleh TNI Angkatan Laut di wilayah Tanjung Beringin ini bertujuan untuk mewujudkan pembinaan wilayah pertahanan laut dalam rangkaian kegiatan Kampung Bahari Nusantara (KBN) pada penyiapan ruang, alat dan kondisi (RAK) juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan Negara. Dimana ada lima kluster yang telah ditetapkan yaitu pertahanan wilayah, pariwisata, kesehatan, pendidikan dan peningkatan ekonomi sekaligus mendukung program pemerintah dalam melestarikan dan peremajaan kembali hutan mangrove di wilayah pesisir dan pulau-pulau. Penanaman pohon mangrove juga memiliki tujuan untuk mencegah erupsi air laut yang masuk ke daratan, berfungsi sebagai penahan abrasi, erosi dan hempasan ombak laut.

“Selain itu hutan mangrove juga berfungsi sebagai tempat hidup, perlindungan dan sumber pakan bagi biota laut dan spesies yang ada di sekitarnya dan juga untuk menyerap karbondioksida (CO2) dan menghasilkan Oksigen (O2) serta tempat hidup biota laut. Bahwa tanggung jawab menjaga pelestarian lingkungan adalah tugas kita bersama,” tegas Danlantamal I.

Kegiatan penanaman bibit mangrove yang ditanam oleh Lantamal I Belawan saat ini sebanyak 10.000 batang dan akan terus berkelanjutan hingga total 20.000 batang bibit mangrove dengan total luas 12 hektar, dengan jumlah peserta penanaman mangrove sebanyak 400 orang yang terdiri dari kelompok nelayan dan tani Serdang Bedagai, siswa dan siswi serta pengurus pramuka Saka Bahari, Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Negeri Sumatera Utara dan Menwa Universitas Islam Sumatera Utara.

Hal tersebut selaras dengan Perintah Harian dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yang salah satunya “Jaga kepercayaan Negara dan Rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi Institusi, Masyarakat, Bangsa dan Negara”.

Turut hadir dalam giat penanaman mangrove secara serentak diantaranya Danlantamal I, Kapok Sahli Kodam I/BB, KLH Provinsi Sumut, Aster Kodam I/BB, Dirpolairud Polda Sumut, Wakajati Sumut, Walikota Medan/mewakili, Wadan Lantamal I dan Pejabat Utama Lantamal I, Aslog Kosekhanudnas I, Kadispordirga Lanud Soewondo, Bupati Serge, Kasdim 0204/DS, Kapolres Sergei, Kadis Perikanan dan Kelautan Sergei, Kadispora Sergei, Kadis KLH Sergei, Kepala Syahbandar Tanjung Beringin, Direktur Bank Sumut, GM Pelindo, BRI Wilayah Sumut, Kasatpolair Serdang Bedagai, PT. Telkom Divre I Medan, Camat Tanjung Beringin, Danramil 11/TB, Kapolsek Tanjung Beringin serta Perwakilan dari Forkopimcam dan Muspika Serdang Bedagai.

(Dispen Lantamal I)