Masyarakat Diminta Kuatkan Semangat Gotong Royong

SKI| Jepara – Masyarakat Jepara diminta memanfaatkan momentum peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia untuk menguatkan semangat gotong royong.

Permintaan itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko pada apel pencanangan peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Jepara yang berlangsung di halaman Setda Jepara, Senin (7/8/2023) pagi. Dia mewakili Penjabat (Pj.) Bupati Jepara menjadi pembina apel yang diikuti jajaran forkopimda, karyawan perangkat daerah, instansi vertikal, hingga organisasi perempuan.

Sesuai tema peringatan HUT Ke-78 RI, yakni “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, Edy Sujatmiko menyebut, laju keberhasilan pembangunan daerah harus terus dijaga. Keberhasilan itu di antaranya penurunan angka kemiskinan dari 7,44 persen tahun 2021, menjadi 6,88 persen tahun 2022. Sementara prevalensi stunting juga berhasil ditekan dari 25 persen menjadi 18,1 persen.
Kabupaten Jepara juga dia sebut berhasil mengendalikan inflasi terbaik di Jawa Tengah, sehingga mendapat penghargaan dari Menteri Dalam Negeri serta insentif fiskal atas keberhasilan tersebut dari Menteri Keuangan RI.

“Pada bulan Juni 2023 Kabupaten Jepara mengalami inflasi 0,01 persen month to month dan 3,76 year on year,” katanya. Angka itu jauh lebih rendah dari periode yang sama tahun lalu, yakni 0,66 persen dan 5,03 persen.

Di tingkat lingkungan, semangat gotong royong untuk menjaga laju keberhasilan pembangunan tersebut dia minta dijaga dengan mengisi peringatan HUT RI melalui berbagai kegiatan. “Hingga tingkat RW dan RT,” tandasnya.

Ketua Harian Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Kabupaten Jepara Zamroni Lestiaza mengatakan, selain apel pencanangan yang dilanjutkan senam dan bersepeda bersama, rangkaian kegiatan yang akan digelar di antaranya lomba K3 di lokasi titik pantau Adipura, renungan suci, serta pengibaran dan penurunan bendera. Panitia juga menggelar karnaval umum pada tanggal 19 Agustus 2023, dan resepsi pada 20 Agustus 2023.

Hani