oleh

NTB Raih Gelar Sebagai Destinasi Wisata Halal Terfavorit Dari Anugerah Syariah Republika

SKI – NTB – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi tujuan wisata halal di Anugerah Syariah Republika (ASR) 2018.

SALINAN Ketua ASR 2018 Elba Damhuri kepada Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah, dalam puncak penganugerahan ASR 2018, Kamis malam (8/11) di Jakarta.

Ada tokoh yang hadir dalam acara kali ini seperti Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma’ruf Amin, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menpan RB, Syafruddin, Mendagri, Tjahjo Kumolo dan Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj Sitti Rohmi Djalilah mengapresiasi ajang ASR 2018 dan juga warga masyarakat Indonesia yang sudah mem-vote NTB sebagai destinasi halal terfavorit.

Menurut Hj. Rohmi, sangat berkontribusi sangat strategis sebagai momentum untuk mendukung NTB pasca bencana gempa bumi.

“Bagi NTB, tentu saja ini akan menjadi momentum untuk bangkit, dan terus berlaku dalam kepedulan NTB yang dikembangan dengan konsep ramah muslim, atau Pariwisata Halal,” ujarnya.

Menurutnya, konsep wisata halal yang sudah diikhtiarkan oleh NTB sejak 2015 silam memang terbukti mampu mendorong percepatan pembangunan sektor kepariwisataan di daerah ini.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Hj. Rohmi juga menyampaikan bahwa kondisi NTB, Lombok dan Sumbawa saat ini sudah membaik dan sangat aman dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan.

Ia berharap anugerah sebagai destinasi halal terfavorit dalam ASR 2018 ini juga bisa menjadi upaya promosi agar wisatawan, domestik dan mancanegara bisa datang lagi berwisata ke Lombok dan Sumbawa.

“NTB sudah aman dan nyaman untuk dikunjungi, silahkan datang berlibur, berwisata dan menikmati keindahan alam kami,” ujar Hj. Rohmi.

Ketua ASR 2018 Elba Damhuri menjelaskan, NTB berhasil menyisihkan 13 Provinsi lainnya dalam ajang anugerah ASR untuk kategori destinasi wisata halal terfavorit.

Elba mengatakan, dari total suara masuk selama sepekan (30 Oktober-5 November 2018), voting untuk NTB mencapai 38 persen, diikuti Aceh (27 persen), dan Sumatera Barat (23 persen).

Selain itu, provinsi lain yang juga tercatat dalam “Voting Destinasi Halal Terfavorit” adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Sumatra Utara, Riau-Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Banten, dan Sumatera Selatan.

“Kategori tujuan destinasi halal terfavorit baru pertama kali diadakan pada ASR tahun ini,” kata Elba Damhuri.

Anugerah Syariah Republika (ASR) kali ini merupakan tahun kedua setelah ASR 2017 tahun lalu.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Republika, Irfan Junaedi mengatakan Republika Rencana menggelar Anugerah Syariah setiap tahunnya.

“Kami harap ajang ini bisa menghasilkan positif bagi kemajuan ekonomi syariah di Tanah Air, salat industri halal,” katanya.

Menurut Irfan, Indonesia memiliki semua potensi untuk memajukan industri halal baik dari sektor pariwisata, makanan, fashion, kosmetik, hingga ekonomi kreatif.

Penulis: Rahmatul Kautsar

Editor: Red SKI

Komentar

News Feed