oleh

OHA “MEKAR JAYA MEMBANGUN” TAHAP AWAL 20% DD 2019

SKI, Lampung Utara – Di awal pembangunan 2019, yang dimana dana anggaran dari pusat, yang di peruntukan untuk fisik (DD) Dana Desa. 20% tahap awal, kepala desa OHA bersama jajaran aparaturnya baik kasi pembangunan maupun yang lainnya, salah seorang kepala desa yang berada di kecamatan tanjung raja, kabupaten lampung utara, tepatnya di desa mekar jaya. Ia kini mulai merealisasikan anggaran biaya untuk pembelian pengadaan matrial dan sebagainya, lalu kemudian memulai mengerjakan kegiatan pembangunan fisiknya.

Pada saat awak media SKI, mewawancarai kasi pembangunan (ujang) berikut kepala desa setempat (OHA), Kades menjelaskan. Untuk tahap awal ini yang dimana dana untuk pembangunan yang ada di desa saya, pada tahap 20% ini, saya membagi beberapa aitem kegitan pekerjaan saya, yang diantaranya, ‘pembuatan siring pasang (Dreanase), yang di mana terlebih dahulu saya menggali badan siring pasang tersebut, dan penyambungan Rambat beton,ditambah lagi TPT, yang sebelumnya untuk separunya sudah saya realisasikan pada tahun sebelumnya, jelasnya.

Dan untuk pekerjanya sendiripun saya gunakan masyarakat saya, dengan cara pemberdayaan, yang di mana, untuk kepala dari pekerjanya pun saya menunjuk salah satu masyarakat saya, “sebagai kepala rombong pekerja” supaya bisa mengawasi segala kegiatan yang ada didesa saya (Asep R). karna didalam pekerjaan yang ada didesa kita harus trasfaran, maka dari itu saya menunjuk salah satu dari masyarakat saya, untuk membantu kasi pembangunan (TPK), tandasnya.

“Untuk pembanguna fisik nyapun menurut keterangan kades. Itu memang keinginan / permintaan dari masyrakat,yang sudah lama disampaikan kepada dirinya”.

Dan di tempat dibangunnya siring pasang (dreanase) juga, karna sebelumnya ada beberapa titik badan dari siring pasang tersebut sudah mengalami pendangkalan, sehingga air bah dari pada saat musim hujan, meluap dan menggenangi jalan, bahkan masuk menggenagi beberapa halaman rumah masyarakat yang berada di titik tersebut, imbuhnya.

Sebut saja anin’ salah satu masyarakat yang pada saat ini didepan rumahnya,sedang ada kegiatan pembangunan siring pasang tersebut, saya selaku masyarakat khususnya mekar jaya, sangat bertrimakasih kepada bapak kades OHA, karna beliau sudah mau memikirkan siring pasang yang ada di deapan rumah kami, dengan cara di bangunnya Dreanase, yang anggaran dananya dari pemerintah pusat dan diklola oleh kepala desa, untuk membangun desa kami yang tercinta ini menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya, Ungkapnya.

Penulis : Ade Irawan

Komentar

News Feed