oleh

Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berstandar EMKM, Digelar PNJ Bersama Forum UMKM Kab. Bogor

-Ekonomi-381 views

 

SKI|Bogor – Keuangan merupakan suatu hal yang sangat sensitif dalam perusahaan besar maupun perusahaan kecil atau bahkan para pelaku usaha rumahan seperti Usaha Menengah, Kecil dan Mikro ( UMKM ). Laporan keuangan secara berkala wajib dilakukuan dalam suatu perusahaan dan sebagai bukti pentingnya laporan keuangan, Program D3 Akuntansi Universitas Politeknik Negeri Jakarta ( PNJ ) bekerja sama dengan Forum UMKM Kabupaten Bogor menggelar pelatihan penyusunan laporan keuangan berstandar EMKM, Selasa (09/08/’22).

Pelatihan yang diikuti 20 orang peserta para pelaku UMKM Kabupaten Bogor ini, digelar di Ruang Cianten Bapeda Litbang Komplek Pemda Kabupaten Bogor. Kegiatan yang digagas PNJ bersama Forum UMKM ini dihadiri langsung Ketua Forum UMKM Kabupaten Bogor, Hasan Haikal Thalib, S.E., M.M.

Kegiatatan Tim pengabdian kepada masyarakat yang diketuai Lia Ekowati, S. Sos., MPA dan Ka Prodi D3 Akuntansi Herbirowo Nugroho, S.E., M. Si. yang beranggotakan 4 orang Mahasiswa Prodi D3 Akuntansi.

Dalam materinya, Nara Sumber Ridwan Zulpi Agha, S.E., M. Ak. selain menyampaikan cara penyusunan laporan keuangan berstandar EMKM, disampaikan juga tentang pengertian akuntansi dan standar EMKM.

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan akuntansi dan kewajiban perpajakan kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Bogor serta memberikan pemahaman mengenai pentingnya pengelolaan keuangan usaha dengan menggunakan aplikasi Accurate.

Program seperti ini diharapkan bukan hanya sekali ini saja, akan tetapi terus berlanjut dan bekesinambungan sebagaimana disampaikan Ketua Forum UMKM Kabupaten Bogor, Hasan Haikal Thalib, S.E. M.M. (UT)