Penghargaan Danrem Wijayakusuma Untuk Babinsa Pekalongan dan Warga Masyarakat Kota Pekalongan

SKI | Pekalongan – Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., sekali lagi memberikan penghargaan untuk prajuritnya Babinsa Koramil-19/Pekalongan Utara Kodim 0710/Pekalongan Serka Alosius Jawa dan warga masyarakat atas nama ibu Wilsa Widyaningsih.

Pemberian penghargaan Danrem Wijayakusuma kepada Babinsa tersebut bersamaan dengan dilaksanakannya Apel Sinergitas TNI-Polri dalam rangka pengamanan perkembangan situasi wilayah Kota Pekalongan menjelang tahun politik 2024 dan pemusnahan senjata dan granat temuan warga. Senin (20/2/2023) di Mapolresta Kota Pekalongan.

Penghargaan Danrem Wijayakusuma diberikan kepada Serka Alosius Jawa tersebut dikarenakan Babinsa Koramil-19/Pekalongan Utara itu membantu masyarakat untuk menyerahkan hasil temuannya berupa dua buah granat genggam dan satu pucuk pistol kepada pihak berwajib dalam hal ini Kodim 0710/Pekalongan. Sementara ibu Wilsa Widyaningsih merupakan penghuni rumah ditemukannya dua granat dan satu pucuk pistol tersebut.

Diketahui bahwa, temuan dua buah granat genggam (nanas) yang masih aktif tersebut dan satu pucuk pistol ditemukan seorang warga Kelurahan Padukuhan Kraton, RT 04 RW 04, Kecamatan Pekalongan Utara bernama ibu Wilsa Widyaningsih yang sedang membongkar loteng rumahnya untuk direnovasi. Granat aktif tersebut dan pistol, ditemukan oleh tukang rongsok An. Budi warga Kelurahan Padukuhan Keraton yang hendak mencari barang rongsok dirumah ibu Wilsa.

Kemudian, saudara Budi menyampaikan kepada pemilik rumah ibu Wilsa atas penemuan tersebut, dan dengan sigap dan cepat ibu Wilsa saat itu juga langsung melaporkan penemuan benda tersebut kepada Babinsa Serka Alosius Jawa.

Mendapat laporan tersebut, Serka Alosius Jawa kemudian melaporkan perihal pnenemuan granat dan pistol tersebut kepada Danramil-19/Pekalongan Utara Kapten Arm Sutrisno dan Letda Inf Eko Sulistyono (Dan Unit Intel Kodim 0710/Pekalongan), setelah ia melakukan pengecekan ke lokasi bersama anggota Unit Intel Kodim 0710/Pekalongan Serka Krismanto.

Selanjutnya, atas laporan anak buahnya tersebut, Danramil Pekalongan Utara melaporkan hasil temuan granat dan pistol tersebut kepada Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya dan dilaporkan ke komando atas dalam hal ini Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E.

Dengan komunikasi sosial serta solidnya sinergitas hubungan timbal balik antara prajurit TNI dengan masyarakatnya yang melaksanakan tugas kewilayahan, sehingga hal-hal menonjol yang terjadi di wilayah dengan cepat dapat dilaporkan oleh warga masyarakat kepada aparat terkait (Babinsa maupun Babinkamtibmas).

Terkait penemuan dua buah granat aktif dan satu pucuk pistol tersebut, Kolonel Yudha mengatakan, apa yang diperlihatkan Babinsa Serka Alosius Jawa dan warga masyarakat tersebut merupakan keberhasilan satuan dalam melaksanakan tugas Pembinaan Teritorial diwilayahnya melalui Pembinaan Komunikasi Sosialnya.

Dikatakannya, tujuan komunikasi sosial dilaksanakan, agar dapat memelihara dan meningkatkan keeratan hubungan aparat kewilayahan dengan segenap komponen dan elemen masyarakatnya untuk kepentingan pertahanan negara.

Sementara itu, terkait dengan diselenggarakannya Apel Sinergitas TNI-Polri Kota Pekalongan, Mantan Dansat-81/Gultor Kopassus ini mengatakan, terselenggaranya apel Sinergitas TNI-Polri di Kota Pekalongan, menunjukkan hubungan baik dan kerjasama TNI-Polri di kota Pekalongan terjalin dengan erat. “Kondisi ini, menjadi modal penting dalam menciptakan kondusifitas wilayah yang semakin mantap yang sekaligus untuk memantapkan kualitas pengabdian kepada bangsa dan negara serta momentum memelihara persatuan dan kesatuan, soliditas, sinergitas sesama aparat kewilayahan”, terangnya.

“Karenanya, TNI dan Polri, dalam menghadapi pesta demokrasi mendatang, harus kompak dan solid, bersama-sama menjaga wilayah yang kondusif”, sambungnya. (Samsl).