Peringati Hari Lingkungan Hidup Se-dunia, PDAM Galakan Tanam Pohon di Sumber Mata Air

SKI| Lombok Tengah – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-dunia, PDAM beserta seluruh OPD di lingkup pemerintah Kabupaten Lombok Tengah melaksanakan tanam pohon di sumber mata air Tibu Nangklok, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara.

Direktur Utama PDAM Tirta Ardhia Rinjani Bambang Supratomo mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian Hari Lingkungan Hidup se-dunia, dimana setiap OPD dan jajaran PDAM diberikan tugas untuk menjadi orang tua asuh dari pohon-pohon yang ditanam.

Hal itu bertujuan agar pohon-pohon yang sudah ditanam bisa dijaga dan dirawat sampai nantinya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat banyak.

“Kita berikan masing-masing satu orang untuk menjadi orang tua asuh dari pohon yang ditanam itu untuk menjaganya,” ungkapnya Jumat (7|6).

Dengan kondisi saat ini, memang air menjadi salah satu penyangga kebutuhan nasional maupun internasional.

Untuk itu, dengan melakukan penyelamatan hutan dan melakukan kegiatan konservasi alam, diharapkan dapat terus memberikan dampak bagi alam.

Namun itu juga perlu didukung dengan anggaran, baik dari pemerintah daerah maupun provinsi.

“Kita ingin semua mengambil peran untuk sama-sama menjaga alam, dengan begitu kebutuhan air kita akan tetap ada,” jelasnya.

Melihat kondisi mata air saat ini, terjadi penurunan setiap tahunnya untuk sumber mata air. Kondisi tersebut disebabkan salah satunya karena adanya penebangan pohon ilegal dan alih fungsi hutan.

“Sekitar 2-3 persen sumber air kita menurun,” tuturnya.

Sementara Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri meminta agar semua stakeholder ikut bersama menjadi alam dan melakukan tanam pohon paling tidak satu orang lima pohon setiap tahunnya.

“Kalau dari sekarang kapan lagi,paling tidak satu orang itu tanam lima pohon,” ungkapnya.

Pathul juga berharap agar tidak ada lagi oknum masyarakat yang dengan sembarangan melakukan penebangan pohon di hutan.

“Mari kita bersama menjaga hutan dan alam kita,” tutupnya. (Riki).