oleh

RSUD CIBINONG LAUNCHING PENGEMBANGAN LAYANAN UNGGULAN BERBASIS ONE HEALTH

SKI Cibinong – Pandemi Covid-19 telah memberikan ujian terbesar bagi dunia kesehatan. Kegagalan fasilitas kesehatan menampung jumlah pasien yang besar, tidak terpenuhinya obat-obatan dan mahalnya impor bahan obat adalah sebuah sejarah pahit yang tidak boleh terulang kembali. Pandemi Covid-19 menjadi salah satu alasan deklarasi One Health pada KTT ASEAN.

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang menghancurkan dan multidimensi serta penyakit menular yang muncul dan muncul kembali lainnya termasuk zoonosis, resistensi antimikroba (AMR), dampak pertumbuhan dan tantangan lain terkait perubahan iklim pada kehidupan manusia dan mata pencaharian, dan kebutuhan untuk memperkuat sistem kesehatan menjadi tangguh dan responsif, seperti dalam ASEAN Blue Print.

RSUD Cibinong sebagai Rumah Sakit Rujukan Regional di Kabupaten Bogor tidak hanya mengampu Kabupaten Bogor yang demikian luas, tetapi juga Kota Bogor, Cianjur, Sukabumi dan daerah sekitarnya sehingga pasien yang memperoleh pelayanan di RSUD Cibinong bukan hanya dari wilayah Kabupaten Bogor tetapi juga wilayah sekitar dengan jenis penyakit yang beragam.

Oleh karena itu RSUD Cibinong memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna, mencakup aspek promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif guna mendukung upaya pemerintah dalam transformasi layanan kesehatan serta implementasi konsep One Health yang telah di deklarasikan pada KTT ASEAN.

RSUD Cibinong akan berperan aktif mengatasi permasalahan kesehatan mulai dari penanganan faktor-faktor lingkungan, pengembangan pelayanan kesehatan preventif, penanganan penyakit zoonosis dan Penyakit Infeksi Emerging (PIE), pengembangan potensi agromaritim untuk pelayanan kesehatan komplementer seperti pengobatan tradisional herbal fitofarmaka dan terapi hiperbarik. Atas dasar tersebut RSUD Cibinong me launching dan menghadirkan Pengembangan Layanan Unggulan Berbasis One Health di Kabupaten Bogor , (Kamis 05/10 ) yang dibuka oleh Bupati Bogor Iwan Setiawan.

Hal ini sejalan dengan tranformasi Kesehatan yang sedang diimplementasikan oleh Kementerian Kesehatan serta Konsep One Health yang di deklarasikan pada KTT ASEAN 2023. RSUD Cibinong memiliki komitmen untuk melakukan transformasi pelayanan kesehatan, diawali dengan perubahan nilai budaya organisasi yaitu DIKSI, yaitu : Dinamis, Inovative, Komitmen, Sinergi, Integritas; ini menandakan semangat kami bersama-sama untuk melayani masyarakat.

RSUD Cibinong memiliki 8 layanan unggulan salah satunya adalah PIE (penyakit Infeksi Emerging). Pengembangan pelayanan unggulan Penyakit Infeksi Emerging (PIE) dan zoonosis berupa layanan rujukan dan kesiapsiagaan bencana.

Upaya identifikasi pathogen dan mapping secara geospasial dilakukan dengan integrasi berbagai aplikasi, salah satunya BOGOR HADE yang dikelola oleh SPGDT RSUD Cibinong, SIPEKA Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, dan Call Center 112 serta SITEGAR 119. Layanan berbasis digital juga telah dihadirkan berupa CAGEUR yang memberikan layanan hospital without wall berupa telemedicine dan homecare.

RSUD Cibinong menghadirkan Instalasi baru yaitu Instalasi pelayanan kesehatan komplementer BOGORHADE pertama di Provinsi Jawa Barat, bahkan pertama di Indonesia untuk sinergi dengan one health dan konsep agromaritim.

Instalasi Pelayanan Kesehatan Tradisional Komplementer BOGOR HADE, dibentuk sebagai upaya memberikan pelayanan kesehatan rujukan paripurna dengan menyediakan ruang terapi holistik dan komplementer.

Layanan komplementer yang dihadirkan berupa klinik nutrisi dan konsultasi pengobatan herbal, akupuntur, hipnoterapi, dan hiperbarik. RSUD Cibinong memberikan pelayanan Kesehatan kerja yang lengkap, termasuk sektor pekerja informal, peternak, pekerja perikanan dan petani berkolaborasi dengan dinas terkait.

Pada bulan September 2023 Inovasi layanan CAGEUR dan BOGOR HADE berkolaborasi dengan Duta Inovasi Desa Bappedalitbang mengantarkan Kabupaten Bogor menjadi finalis lomba Inovatif Government Award (IGA).

BOGOR HADE Training Education and Research Center dibentuk untuk mendukung penelitian dalam bidang Kesehatan khususnya One Health bersama FK IPB University. Selain itu BOGOR HADE Training Education bertujuan untuk menunjang melakukan pengembangan kapasitas diri sumber daya manusia melalui edukasi dan pelatihan/seminar dalam bidang kesehatan. RSUD Cibinong melakukan training dan education bersama dengan para ahli baik untuk medis maupun non medis.

RSUD Cibinong juga siap mendukung research untuk Dokter umum dan Dokter Spesialis agar semakin bersemangat untuk melakukan research dibidang medis maupun Agroherbal. Pengembangan pelayanan rumah sakit dengan pola keuangan BLUD hanya dapat dilakukan apabila rumah sakit memiliki tata kelola keuangan yang baik dan akuntabel.

Transformasi digital di RSUD Cibinong telah dilakukan secara bertahap, diawali dengan E-Rekam Medik. Antrian Online yang Terkoneksi dengan JKN Mobile, dan saat ini dikembangkan digitalisasi tata Kelola keuangan melalui aplikasi Financial CARE (Communicative, Assistance, Responsive dan Educative) atau disingkat menjadi Fincare.

Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, transparansi dan akurasi dalam pengelolaan keuangan rumah sakit.
Dengan hadirnya beberapa inovasi terbaru, diharapkan RSUD Cibinong sebagai Rumah Sakit Rujukan Regional dan Rumah Sakit Pendidikan Utama Fakultas Kedokteran IPB University dapat mengoptimalkan dan mempercepat hasil kerja pembangunan Kesehatan agar lebih kuat, siaga, antisipatif, responsif, dan tangguh dalam menghadapi ancaman kesehatan.(red)