Sosialisasi dan Pendampingan Reformasi Birokasi Bidang Pelayanan Publik di Lanal Sabang

SKI, Sabang,- Prajurit Lanal Sabang menerima Sosialisasi dan Pendampingan Reformasi Birokrasi Bidang Pelayanan Publik TA. 2022 dari Staf Potensi Maritim TNI Angkatan Laut (Spotmaral), bertempat di Lounge Room Teuku Umar Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Gampoeng Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Rabu (31/08/2022).

Kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan Reformasi Birokasi Bidang Pelayanan Publik di Lanal Sabang TA. 2022 berlangsung selama 2 (dua) hari tanggal 30 sampai dengan 31 Agustus 2022, dipandu oleh Paban IV Komsosmar selaku Ketua Pelaksana Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto, S.E., dan Ketua Tim Pendukung Letkol Laut (S) Ferry Tabas Wantara.

Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Paban IV Komsosmar Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto, S.E., menyampaikan bahwa meningkatkan mutu kualitas pelayanan publik (Yanlik) merupakan salah satu bidang yang harus diwujudkan dalam reformasi birokrasi untuk mencapai good govermence. Berkaitan dengan hal tersebut, maka upaya meningkatkan mutu pelayanan publik di Satuan TNI Angkatan Laut, khususnya di Lanal akan berpengaruh terhadap ekselerasi pencapaian indeks reformasi birokrasi TNI AL yang terdampak positif terhadap kualitas kinerja pada organisasi TNI secara keseluruhan.

“Pada area reform dalam lembar kerja evaluasi (LKE) Zona Integritas, dapat dipastikan bahwa untuk meningkatkan nilai pelayanan publik dapat ditunjang dari inovasi pelayanan publik yang tinggi. Dengan kata lain, jika mengharapkan percepatan peningkatan mutu pelayanan publik maka tidak lain harus melakukan inovasi pelayanan publik, sehingga dapat meningkatkan kecepatan dan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa hasil yang diharapkan dari kegiatan pendampingan reformasi birokrasi ini adalah Satkowil dapat membentuk standar pelayanan, terselenggaranya pelayanan prima, adanya pengelolaan pengaduan, tercapainya penilaian kepuasan terhadap pelayanan, serta dapat memunculkan inovasi dengan memanfaaatkan teknologi informasi yang cepat, tepat dan mudah yang dirasakan oleh masyarakat.

Sementara itu, Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Ali Setiandy, M.Tr(Han)., M.M., menyampaikan
agar personel Lanal Sabang mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga target dan sasaran program kegiatan reformasi birokrasi bidang pelayanan publik tahun 2022 dapat tercapai. Kepada tim dari Spotmaral, saya mengucapkan selamat datang di Mako Lanal Sabang.

Adapun paparan materi yang disampaikan pada hari pertama yaitu,
Reformasi Birokrasi TNI AL Program Tahun 2022, Transformasi Birokrasi, dan Pelayanan Publik.

Pada hari kedua disampaikan paparan materi tentang Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Permenpan Nomor 14 Tahun 2017 dan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Sumber: Pen Lanal Sabang