oleh

Tokoh Wartawan Bogor Deklarasikan Gugus Darma Pramuka Wartawan Nasional

-Top News-100 views

 

SKI|Bogor-Sejumlah Tokoh Wartawan di Bogor, Jum’at (22/10/’21) mendeklarasikan terbentuknya Gugus Darma Pramuka Wartawan Nasional sebagai wadah pengabdian para Jurnalis dibidang kemanusiaan.

Dasar pemikiran para Tokoh Pers tersebut, adalah Keputusan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka No. 176 tahun 2012 tentang Petunjuk Pelaksanaan Gugus Darma Pramuka.

Acara deklarasi bertempat di Gedung PUSDAI Lt. 2 Jl. Bersih No.1, Komplek Pemkab Bogor, Cibinong, yang dihadiri oleh 40 Wartawan dari berbagai media.

Bertindak sebagai inisiator deklarasi, Wartawan Senior H. R.M. Danang Donoroso, S.IP (Pemimpin Umum Harian Pelita Baru), Drs. H. Bustanul Daham, M.Si (Pemimpin Redaksi Koran Berantas / berantasonline.com), H. Deddy Juliawan (Pemred rajawalitimes), Piyarso Hadi, S.IP (Pemimpin Umum inilahonline.com), dan Lucky Darmawan (Pemimpin Umum rakyatbogor.com).

Dalam pertemuan tersebut, secara aklamasi menunjuk dan mengangkat H. R
M. Danang Donoroso sebagai Ketua Umum.

“Ini merupakan yang pertama kalinya di Indonesia ada sebuah Gerakan Pramuka yang anggotanya berprofesi Wartawan. Kita akan urus sesegera mungkin mengenai legalitasnya dan selanjutnya beraudiensi dengan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bapak Komjen Pol. (Purn) Budi Waseso”, ujar Danang Donoroso dalam arahannya.

Rapat juga memutuskan menunjuk tiga orang inisiator (H. Deddy Juliwan, Piyarso Hadi dan Lucky Dermawan) untuk berkoordinasi dengan Kwartir Nasional di Jakarta membahas proses pengesahan Gugus Darma Wartawan Nasional tersebut.

Pimpinan rapat, H. Bustanul Daham menjelaskan, salah satu program yang akan dirintis yakni Jurnalis Siaga Bencana yang akan fokus pada pengabdian Wartawan terhadap penanggulangan bencana alam berkolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kabupaten Bogor H. Subagiyo, S.IP, yang turut hadir dalam acara deklarasi menyatakan dukungan terhadap terbentuknya sebuah wadah para Jurnalis melalui Gerakan Pramuka tersebut. “Tentunya saya menyambut baik inisiasi ini, mudah-mudahan rekan-rekan Wartawan yang sudah bergabung terus bersemangat menyukseskan berbagai program yang akan dijalankan dikancah nasional”, ujarnya. (UT)

News Feed