oleh

Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-23, Wagub Sampaikan Tiga Poin Penting

SKI, Mataram – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd menjadi inspektur upacara pada Hari Peringatan Otonomi Daerah ke 23 di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB , Kamis (25/4).

Peringatan Hari Otonomi Daerah tahun ini mengangkat tema “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah Yang Kreatif dan Inovatif.”

Wakil Gubernur yang membacakan amanat Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa tema yang diangkat pada tahun ini merupakan refleksi dari eksistensi dan ekspektasi dari masyarakat kepada pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan daerah.

“Otonomi daerah telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah, dimana daerah dan masyarakat didorong dan diberi kesempatan yang luas mengembangkan kreatifitasnya dan inovasinya,” jelas Hj. Rohmi.

Pada kesempatan tersebut, Ummi Rohmi juga menegaskan tiga hal dalam amanat kali ini, yang pertama, untuk senantiasa mengawal otonomi daerah agar selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan dalam peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat.

Kedua, mendorong munculnya kemandirian yang digerakkan oleh kreatifitas dan inovasi daerah dalam mengoptimalkan berbagai sumber daya yang ada.

Dan terakhir, Meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

“Semoga dengan semangat hari otonomi daerah diharapkan dapat merefleksikan kembali makna otonomi daerah dan menjadi spirit untuk melakukan yang terbaik bagi negeri ini,” Pungkas Wagub.

Penulis : Alfy

Komentar

News Feed