oleh

Bawaslu Loteng Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilukada 2024

SKI| Lombok Tengah – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lombok Tengah menggelar sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan para OKP, Kader, Pemuda dan Disabilitas.

Ketua Bawaslu Loteng Lalu Fauzan Hadi mengatakan, pengawasan Partisipatif ini sudah dilaksanakan sejak lama, mulai dari tahun 2016 dan Kabupaten Lombok Tengah menjadi salah safu kabupaten yang mendapatkan kuota dari untuk pengawasan Partisipatif itu.

“2016 lalu hanya 1 Kader yang aktif, namun mulai 2019 mulai bertambah,” katanya Senin (20|5)

Selain itu, sejak dibentuknya pengawasan Partisipatif ini, terdapat 75 Kader ikut berpartisipasi. Dimana ini merupakan sebuah bentuk pengawasan dari masyarakat untuk mengawasi pemilu.

“Ini sebagai bentuk pengawasan kita dari masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Usman Faesal menerangkan, sebanyak 40 peserta dari beberapa unsur seperti PPDI, OKP, kader pengawasan Partisipatif, Disabilitas, tokoh agama dan pemuda ikut serta dalam hal ini.

Ini merupakan Bentuk evaluasi untuk pengawasan Partisipatif pada pemilukada 2024 mendatang, bagaimana ke efektivitas untuk pemilihan agar dari pengawasan Partisipatif ikut berpartisipasi pada pemilihan Kepala daerah dan lebih proaktif memberikan informasi jika ada pelanggaran di lapangan.

“Pelanggaran iti kan seperti Keterlibatan ASN, perangkat Desa. Jika kemudian ditemukan langsung memberikan informasi ke Bawaslu sebagai langkah informasi awal,” ujarnya. (Riki).