Belajar Otodidak,Pembudidaya Anggur Di Lotim Berhasil Jadi Jutawan

SKI | Lombok Timur-Salah satu pembudidaya anggur di Desa Padamara, Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur, Lalu Maulana berhasil menjadi jutawan dari budidaya anggur yang ditekuninya sejak delapan bulan lalu.

Menurut Lalu Maulana saat dikonfirmasi di sela-sela melayani pembeli anggur kemarin mengatakan sebelumnya dirinya dianggap gila oleh sebagian orang atas apa yang dilakukannya. Dengan melakukan budidaya anggur di lahan miliknya seluas 10 are.

Dimana jumlah tanaman anggur yang ditanam sebanyak 20 varian dengan jumlah batang sebanyak 200 batang. Dengan belajar secara otodidak atau melalui youtup.

” Memang sebelumnya saya dianggap gila karena menanam anggur di lahannya, tapi tetap saya optimis akan berhasil,” ujarnya.

Sementara sebelumnya, lanjut Maulana menceritakannya lahan yang saat ini Ditanami anggur sebelumnya Ditanami cabe dan padi,akan tapi hasilnya tidak terlalu banyak sehingga mencoba melakukan budidaya anggur meskipun tidak memiliki ilmu.

Karena dirinya hanya tamatan SMK, akan tapi dengan ketekunannya terus menggeluti budidaya anggur berbagai jenis varian tersebut, sehingga saat ini sudah membuahkan hasil.

” Dari puluhan juta modal yang dikeluarkan untuk melakukan budidaya anggur ini setengahnya modalnya sudah kembali,” ucapnya.

Tidak itu saja, lanjutnya banyak diantara pembudidaya anggur yang ada di Lotim pada khususnya dan NTB pada umumnya banyak yang tidak jadi anggurnya. Meskipun sudah bertahun-tahun menaman.

” Di Kecamatan Sukamulia ini saja ada beberapa yang melakukan budidaya anggur sampai sekarang belum berhasil,” paparnya.

Maulana juga mengatakan dengan keberhasilannya ini banyak warga dari berbagai kabupaten di NTB datang ke tempatnya untuk melihat dan belajar. Bahkan ada yang dari luar negeri belajar kepadanya.

” Kemarin ini ada datang dari Sumbawa ke tempat budidaya anggur dan kagum,” ujarnya.

Namun yang begitu, tambahnya lagi, pemerintah kabupaten,kecamatan dan desa sepertinya kurang peduli terhadap apa yang dilakukan dirinya. Karena belum ada perhatian yang diberikan terhadap dirinya, padahal ini merupakan potensi yang tentunya harus dikembangkan bagi kemajuan daerah.

” Memang kemarin ada datang dari dinas pertanian untuk melihat-lihat sambil berselfie ria,” tandasnya.

” Harga perkilonya buah anggurnya mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu dengan tergantung dari jenisnya, rasanya manis enak dimakan,silahkan datang untuk menikmati sambil berwisata,” paparnya.(Sam) ‎

Komentar

News Feed