oleh

Caleg PDIP Lotim Laporkan Oknum KPPS Tiga Desa Ke Bawaslu

SKI, LOTIM – Calon Legislatif (Caleg) DPRD Lotim Dapil V Dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Asri Mardianto mendatangi Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lotim, Sabtu (20/4). Guna melaporkan oknum KPPS di tiga Desa wilayah Kecamatan Sambelia diduga melakukan permainan dalam proses perhitungan suara di tingkat KPPS,sehingga menyebabkan kerugian caleg didalamnya.

“ Memang betul saya melaporkan ada oknum KPPS di tiga Desa Wilayah Kecamatan Sambelia ke Bawaslu Lotim, terkait dengan dugaan indikasi kecurangan yang dilakukan oknum KPPS tersebut,” tegas Asri Mardianto di Kantor Bawaslu Lotim.

Ia menjelaskan laporan yang diadukan ke Bawaslu tersebut terkait dengan adanya temuan dilapangan terkait dengan dugaan ketidakberesan oknum KPPS tersebut. Terutama mengenai jumlah rekapitulasi hasil perolehan suara Caleg di tingkat TPS. Dimana dalam rekapitulasi itu ada Caleg dari partai lain memperoleh suara banyak.

Namun setelah hasil rekapitulasi di TPS dibawa ke PPS,untuk direkap di tingkat PPK,angkanya justru Caleg yang memperoleh suara banyak ini tidak ada perolehannya, melainkan masuk ke Caleg lainnya suaranya saat perekapan tersebut. Maka inilah yang menjadi masalah.

“ Aneh kan, kenapa Caleg yang seharusnya mendapatkan suara banyak di TPS itu, kok di formulir yang dibawa ke PPS itu kok suaranya Caleg ini tidak ada, dengan diduga berpindah ke Caleg lainnya, sehingga inilah yang harus diusut tuntas oleh Bawaslu,” ujarnya.
 
Selain itu, lanjutnya dalam tulisan di formulir C1 itu ditimpah penulisannya, begitu juga hasilnya perhitungan tidak diperbolehkan masyarakat untuk mengambil dokumentasinya, kecuali petugas sendiri yang mengambil baru diperbolehkan.

“ Caleg yang ada merasa keberatan dengan itu, sehingga diminta untuk melakukan penghitungan ulang di TPS yang ada di tiga Desa tersebut,karena diduga ada indikasi kecurangan didalamnnya,” tandas Caleg PDIP Lotim, Asri Mardianto.

Sementara Ketua Bawaslu Lotim, Retno Sirnopati saat dikonfirmasi membenarkan telah menerima laporan dan pengaduan yang dilakukan salah satu Caleg dari PDIP Lotim. Untuk kemudian ditindaklanjuti dan pelajari laporan itu, apakah memenuhi unsur ataukah tidak. “ Memang betul kami telah terima laporan dari Caleg PDIP Lotim,” tegasnya.

Penulis : Rizal

Komentar

News Feed