oleh

Istri Gubernur NTB Kunjungi STP UTS

SKI, Sumbawa – Ketua TPP PKK Provinsi NTB, H. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah S.E, M.Sc didampingi Kadis Perindustrian drs. Andi Pramaria, M. Si dan Kadis Perdagangan Dra. Putu Selly andayani, M. Si mengunjungi Sains Techno Park (STP) Universitas Teknologi Sumbawa, Jumat (8/2).

Kunjungan rombongan kali ini selain untuk bersilaturahmi dengan jajaran pengurus STP, juga untuk melihat secara langsung alat-alat dan produk-produk hasil penelitian yang telah berhasil dan sedang dilakukan di STP UTS.

Kunjungan yang berlangsung santai dan singkat ini tetap memberikan gambaran kepada rombongan bahwa sudah sangat banyak produk dan inovasi luar biasa yang telah lahir dari buah karya STP UTS. Beberapa alat dan produk yang sudah dihasilkan dan telah teruji antara lain Mesin pencacah, mesin pemilil jagung dan mesin turbin mikrohidro. 

Adapun seperti youghurt jagung dan cemilan rumput laut menjadi inovasi dalam bidang pangan. Walau masih dalam tahap ujicoba, beberapa produk  yang dihasilkan bahkan out of the box misalnya lampu LED penarik ikan laut,  sensor suara penghalau sapi, perangkat hodroponik laut, dan rompi anti kanker.

Tidak sampai disitu, STP UTS saat ini sedang fokus pada beberapa penelitian seperti test kurma jantan dan betina, test DNA kuda pacu, hingga virus rabies yang saat ini sedang ramai menyerang beberapa wilayah di NTB.

STP UTS sendiri didirikan dengan tujuan selain untuk Melahirkan berbagai inovasi-inovasi juga sebagai sarana penelitian dalam berbagai bidang. Alumni UTS dan masyarakat umum dapat menggunakan fasilitas-fasilitas yang didatangkan dari luar negeri tersebut tentunya didampingi tim STP.

Penulis : Alfy

Editor    : Red SKI

Komentar

News Feed