oleh

Kabupaten Lotim Optimis Jadi Penyangga Nasional Benih Bawang Putih 2019

SKI – Lotim – Kabupaten Lombok Timur pada tahun 2019 siap dan optimis menjadi penyangga nasional benih bawang putih. Sedangkan saat ini Dinas Pertanian Lotim sedang mempersiapkan untuk mensukseskan program tersebut.

Demikian ditegaskan Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hontikultura Dinas Pertanian Lotim,H.Badarudin di kantornya. ” Insyalloh tahun 2019 Lotim optimis  menjadi penyangga benih nasional bawang putih,” tegasnya.

Ia menjelaskan untuk saat ini pihaknya menggunakan benih bawang putih Sembalun untuk ditanam para petani yang ada di Lotim. Terutama di sejumlah kecamatan seperti Sembalun, Wanasaba,Suele, Pringgesela dan Aikmel  dengan tidak mengadakan bibit benih dari luar.

Meski pada satu sisi banyak diantara daerah lain yang meminta benih bawang putih dari kita.Akan tapi untuk saat ini masih dikhususkan kalangan sendiri.

” Memang saat ini banyak daerah yang meminta benih,akan tapi masih untuk kebutuhan sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut Badar menambahkan luas areal tanam untuk bawang putih pada areal 1642 hektar, dengan kebutuhan benih mencapai 1150 ton.

Dengan perhentar membutuhkan benih sebanyak 5 ton, sedangkan benih yang diproduksi mencapai 7300 ton.Dimana hasil panen bisa mencapai 13-15 ton perhektar,sedangkan kalau kering disisihkan antara 5-6 ton dijadikan benih.

” Hasil panen bisa disisihkan untuk benihnya sendiri,sedangkan sisanya untuk dijual ke daerah lainnya,” tandas Badarudin seraya menegaskan kembali apa yang dilakukan dalam rangka  menuju swasembada 2021,karena kran impor sudah ditutup.

Penulis : Rizal

Editor    : Red SKI

Komentar

News Feed