Kembangkan Ekonomi Kreatif Bantu Kesulitan Masyarakat, Danrem Wijayakusuma Audensi Pimpinan Bank Indonesia Purwokerto

SKI | Purwokerto – Untuk mengembangkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekelilingnya dan untuk membantu kesulitan masyarakat diwilayah, Danrem 071/Wijatakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., lakukan audensi dengan Kepala Bank Indonesia Purwokerto, Jumat (29/12/2023) di Kantor Bank Indonesia Purwokerto, Banyumas.

Audiensi ke Kepala Bank Indonesia Purwokerto beserta staf tersebut, selain untuk menjalin dan mempererat silaturahmi juga untuk menjalin kerjasama di berbagai bidang yang terkait dengan kemaslahatan masyarakat diwilayah baik bidang kesejahteraan ekonomi masyarakat, kesehatan masyarakat khususnya penyandang disabilitas dan lingkungan masyarakat.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Rony Hartawan menyambut hangat kedatangan Danrem 071/Wijayakusuma beserta staf.

Ia mengatakan, kunjungan Danrem beserta staf merupakan kehormatan baginya dan staf untuk berbagi informasi terkait yang akan dilaksanakan kegiatan bersama antara Bank Indonesia Purwokerto dengan Korem 071/Wijayakusuma.

Kepala Bank Indonesia Purwokerto mengatakan, Bank Indonesia Purwokerto selama ini telah berupaya melakukan berbagai kegiatan kemasyarakatan baik intern maupun berkolaborasi dengan instansi lain. Dikatakan, program-program itu program kegiatan sosial untuk masyarakat dari CSR, program pengendalian inflasi dengan bantuan penanaman bibit cabe, sayuran untuk masyarakat, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan UMKM dan kolaborasi kegiatan olahraga bersama.

Menurutnya, untuk program UMKM Bank Indonesia Purwokerto, tidak hanya untuk kalangan masyarakat umum saja, namun juga bisa diterapkan untuk keluarga prajurit TNI.

Ia juga berharap, kegiatan yang telah dilaksanakan Bank Indonesia Purwokerto itu, bisa dikolaborasikan dengan bekerjasama antara Bank Indonesia Purwokerto dan Korem 071/Wijayakusuma.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bank Indonesia Purwokerto menyampaiakan siap mendukukng Korem 071/Wijayakusuma, untuk berkolaborasi dan bekerjasama dalam rangka membantu kesulitan masyarakat sekelilingnya.

“Saya sangat antusias terhadap kunjungan Danrem beserta staf, atas inovasinya membantu kesulitan masyarakatnya. Dengan hal ini, kami siap mendukung dan membantu demi kemaslahatan masyarakat sesuai program Bank Indonesia untuk bisa membantu kesulitan masyarakat”, ungkapnya.

Sementara itu, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., mengatakan, audiensinya ke pimpinan Bank Indonesia Purwokerto ini, untuk menjajagi kerjasama dan melakukan kolaborasi, bersinergi dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan. “Sesuai apa yang disampaikan Kepala Bank Indonesia Purwokerto, kegiatan-kegiatan yang disampaikan itu, merupakan juga program-program kegiatan satuan TNI AD, dalam hal ini khususnya Korem 071/Wijayakusuma dalam rangka melaksanakan tugas pendampingan kepada masyarakat diwilayah. Disamping melaksanakan tugas kedalam satuan juga melaksanakan tugas untuk memperkuat masyarakatnya. Memperkuat ketahanan pangannya maupun memperkuat persatuannya dan lain sebagainya”, ungkapnya.

Danrem mengungkapkan, itu semua perlu adanya sarana dan media untuk melaksanakan suatu kegiatan bersama, berkolaborasi dan bersinergi membantu masyarakat.

“Ada suatu klausul terkait hal itu, yakni TNI selain bertugas operasi militer perang juga operasi militer selain perang yang berkolaborasi dan bekerjasama dengan pemerintah daerah melakukan pendampingan diberbagai bidang untuk masyarakatnya. Dalam hal ini, untuk membantu pemerintah daerah tanpa melupakan jatidiri sebagai prajurit TNI”, terangnya.

Kunjungannya ke Pimpinan Bank Indonesia Purwokerto ini, untuk bersama-sama berkolaborasi membantu kesulitan masyarakat, walaupun Korem 071/Wijayakusuma telah melakukan berbagai kegiatan untuk kepentingan masyarakat, namun perlu adanya dukungan komponen dan elemen masyarakat lainnya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dibidang lainnya.

Danrem juga mengungkapkan, untuk pengendalian inflasi saat ini, pihaknya telah berupaya melakukan suatu strategi dan inovasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program ketahanan pangan dan masyarakat bisa mendapatkan sembako murah. Hal itu, telah dilakukannya kolaborasi antara Korem 071/Wijayakusuma dengan Bulog yang dapat menyediakan bahan pangan murah kepada masyarakat. Bahkan tidak hanya dengan Bulog saja, akan tetapi juga dengan UMKM diwilayah.

“Brandnya, tidak hanya lingkup satuan saja, namun dalam tahun 2024 ini akan bersinergi dengan pemerintah daerah yang ada diwilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma”, katanya.

Disamping perekonomian masyarakat, Danrem mengungkapkan dalam bidang kesehatan masyarakat khususnya terkait para penyandang disabilitas, Korem 071/Wijayakusuma akan menggandeng masyarakat sebagai bapak asuh bagi penderita disabilitas. “Bapak asuh bukan hanya dalam memberikan materi saja, namun juga memberikan manfaat bagi keluarganya untuk mengembangkan pelatihan UMKM guna untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga penderita disabilitas”, terangnya.

“Untuk membantu kesulitan masyarakat, sesuai arahan pimpinan TNI AD, seperti pembersihan sungai dan pemanfaatan lahan TNI AD, kita berbuat dan berupaya seperti ini, sebagai tanggung jawab sosial kita kepada masyarakat, agar masyarakat dapat mandiri dalam kesejahteraannya”, pungkasnya. (Why).