Kemiskinan Penyebab Terjadinya Tingginya Kasus  Pernikahan Dini di Lotim 

 

 

SKI l Lombok Timur-Sekretaris Daerah Lombok Timur, HM.Juani Taofik menegaskan tingginya kasus pernikahan usia anak dengan berbagai macam alasan. Salah satunya disebabkan angka kemiskinan dan disamping akses pendidikan.

 

” Angka kemiskinan salah satu penyebab tingginya pernikahan dini di Lotim,” tegasnya dalam sambutannya saat peringatan hari anak Nasional tingkat Kabupaten Lotim di ruang kerjanya, Senin (9|8).

 

Juani mengatakan selain angka kemiskinan, rendahnya akses pendidikan, kurangnya kualitas layanan dan pendidikan kesehatan reproduksi, terutama untuk remaja perempuan adalah diantara penyebabnya juga.

 

Maka kalau  menghitung persentase pernikahan usia anak mencapai 3,8 hingga delapan persen,maka  hak-hak anak-anak harus dipenuhi, utamanya untuk pendidikan dan perlindungan, terlebih di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, di mana anak-anak juga menjadi korban.

 

” ‎Forum Anak dinilai sebagai salah satu upaya untuk memperjuangkan dan menyosialisasikan perjuangan hak-hak anak,” ujarnya.

 

Sekda Lotim meminta agar forum anak dapat aktif dan memublikasikan hal-hal positif melalui media sosial. Dengan begitu diharapkan virus kebaikan bisa tersebar luas.

 

” Upaya ini selaras pula dengan akrabnya generasi Z dan Alpha dengan teknologi komunikasi dan informasi yang disertai kepemilikan gawai,” pintanya.‎(Sam).

News Feed