oleh

KKN Unizar Mataram Lakukan Pendampingan Berbasis infrastruktur Asri

SKI| Lombok Barat – Mahasiswa Universitas Islam Al-Azhar Mataram Kelompok VI dampingi masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan tentang bangunan yang kuat, kokoh dan yang saking penting adalah tahan gempa. Dalam program KKN tematik berbasis pembangunan desa.

Sehingga mahasiswa KKN, dorong percepatan pembangunan Infrastruktur dasar dalam membantu menyelesaikan rehab rekon.

Dalam KKN unizar, telah membuat beberapa program gagasan kuliah kerja nyata berbasis infrastruktur menuju desa yang mandiri di tengah rapuhnya infrastruktur masyarakat paska diguncang gempa. KKN Unizar hadir memberikan sosialisasi melalui Kuliah Kerja Nyata tematik berbasis infrastruktur Asri di Desa Badrain kecamatan Narmada kabupaten Lombok Barat.

KKN selama satu bulan yang di laksanakan oleh 24 orang yakni 17 mahasiswa dan 7 mahasiswi telah banyak memberikan warna dan pemahaman terhadap masyarakat yang ada di desa badrain.Dalam waktu 1 bulan dari tanggal 21 agustus hingga 21 september, telah melaksanakan beberapa program baik secara fisik maupun nonfisik. Yang mana program fisik tersebut berupa Perbaikan Plafon Mushola, Cat musholla, pembuatan Plang Kadus ,perbaikan taman kantor desa badrain dan juga Dinding Pesona yang mana makna dari dinding pesona adalah sebuah kreatifitas mahasiswa yang di tuangkan dalam bentuk gambar kemudian yang menjadi tempat untuk menggbambar padalah tembok di dekat kantor desa Badrain.

Infrastruktur seperti dinding pesona dibuat tiga dimensi untuk menghidupkan suasana asri dan membuat tembok sepanjang gang di desa setempat, itu lebih menarik dipandang, sehingga terkesan ada lukisan hidup di dalam tembok itu, yang mampu memberikan suasana kehindahan dengan sebuah seni lukis tiga dimensi.

” Tembok tiga dimensi itu akan mampu menggambarkan sesuatu benda dan ruang yang hidup” sebut Hery Muda yang merupakan ketua KKN Tematik UNIZAR.

Salah satu anggota KKN Agung Menjelaskan, Program non fisik yang telah dilaksanakan yakni Sosialisasi mengenai pasar Modal terkait bagaiaman cara memahami dan melakukan investasi yang baik dan benar. Yang mengadirkan para bankker dan pemateri dari otoritas jasa keungan (OJK) dan diikuti oleh kalangan muda tokoh. Masyarakat dan sejumlah element lainya. Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat soal pasar modal atau saham supaya tidak tertipu investasi bodong.

“kami ingin masyarakat paham soal investasi, sehingga masyarakat tidak tertipu nantinya” Terang Agung

Sementara itu Kepala desa Badrain Romi Purwandi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pendidikan dan motivasi yang telah diberikan oleh mahasiswa selama melakukan kegiatan KKN di Desa Badrain, mungkin apa yang menjadi Program mahasiswa dapat kami teruskan untuk membangun Desa.

” kehadiran mahasiswa KKN Unizar mampu memberikan spirit pendidikan bagi masyarakat” Romi

selama sebulan mahasiswa KKN mendanpingi warga tanpa pamrih, sehingga memahami persoalan yang dihadapi desa dan berkontribusi dalam penyelesaian sejumlah persoalan sosial, infrastruktur hingga administrasi di desa.

Dalam acara Perpisahan Sabtu malam pukul 20.00 wita dikantor Desa bersama sama dengan Kepala desa, Perangkat Desa, kepala dusun, tokoh masyarakat maupun tokoh pemuda sekaligus menyampaikan Pesan dan kesan para mahasiswa selama KKN di Desa Badrain Kecamatan Narmada Kabupaten Lobar. Romi juga mengkaokan pentingnya sebuah peran dan masukan dari mahasiswa untuk memajukan desa dan memberikan warna baru di tengah kehidupan masyarakat desa.

“Pola KKN dengan pendampingan itu yang dibutuhkan warga” ungkap kades dua periode ini

Ia juga berharap Kedepan KKN harus diformat oleh perguruan tinggi atau universitas berbasis kebutuhan desa sehingga desa akan jauh lebih terbantu dalam memecahkan persoalan di tengah masyarakat melalui pendampingan dari mahasiswa. 

Pewarta : Kautsar 

Komentar

News Feed